Perpustakaan Nasional Musnahkan 309 Meter Linear Arsip

Perpustakaan Nasional Musnahkan 309 Meter Linear Arsip
Sri Sumekar, Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI, yang didampingi jajarannya memusnahkan arsip Perpustakaan Nasional RI, Senin 22 April 2019. ( Foto: Humas Perpustakaan Nasional RI )
Dina Fitri Anisa / EAS Selasa, 23 April 2019 | 13:58 WIB

Karawang, Beritasatu.com - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah memusnahkan 309 meter linear arsip, Senin (22/4/2019). Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Perpustakaan Nasional dalam memperbaiki penyelenggaraan kearsipan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Arsip Nasional RI yang telah memberikan penilaian terhadap arsip kami sehingga hari ini bisa dimusnahkan. Alhamdulillah, kita akan memusnahkan 150 dus,” jelas Sri Sumekar, Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI, yang membuka kegiatan pemusnahan arsip di Gedung Arsip PT Putraduta Buana Sentosa (Indo Arsip), Karawang, Jawa Barat.

Dilansir dari siaran pers, Selasa (22/4/2019), sebanyak 150 dus dan 23 karung berisi arsip dimusnahkan. Jenis arsip yang dimusnahkan adalah arsip dari Biro Umum Perpustakaan Nasional, meliputi arsip keuangan, hukum, humas, kepegawaian, ketatausahaan, kearsipan, dan keprotokoleran.

Dalam kesempatan sebelumnya, Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional RI, menyatakan pentingnya arsip.

"Negara ada karena ada arsip. Institusi di seluruh dunia juga diatur dengan arsip,” ujar Syarif Bando.

Selain itu, Syarif Bando juga mengatakan kegiatan mengelola arsip merupakan kewajiban institusi yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Rangkaian kegiatan pemusnahan arsip ini telah dimulai sejak 4 Februari 2019. Ada beberapa tahapan yang telah dilakukan, yakni pemilahan, pengelompokan, pendataan, dan verifikasi lapangan.



Sumber: PR