Pemerintah Konsolidasikan Lembaga Riset di K/L

Pemerintah Konsolidasikan Lembaga Riset di K/L
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Novy Lumanauw / WBP Rabu, 24 April 2019 | 17:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemerintah akan mengkonsolidasi seluruh lembaga riset yang ada di Kementerian/Lembaga (K/L) untuk membentuk sebuah institusi yang khusus menangani riset di Tanah Air.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi usai meresmikan pembukaan Inacraft ke-21 Tahun 2019 di Jakarta Convention Center, Rabu (24/4).

“Ya, kita ingin mengkonsolidasikan seluruh lembaga riset agar visi dan arah riset Indonesia ke depan semakin jelas. Mana yang mau dituju, apa yang mau diriset, hasilnya nanti akan lari kemana semuanya. Ini baru dalam proses. Semuanya didesain,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, setelah institusi riset terbentuk, pemerintah akan menyiapkan dana riset abadi yang secara bertahap jumlahnya dapat mencapai Rp 100 triliun. Dana itu, lanjutnya, akan digunakan untuk mendukung dan membiayai kegiatan riset.

“Ini yang kita siapkan setelah nanti lembaganya betul-betul sudah terkonsolidasi, kita ingin menyiapkan dana abadi riset. Nanti dilihat saja jumlahnya berapa,” katanya.



Sumber: Investor Daily