ReJo Ajak Masyarakat Tunggu Hasil Keputusan Resmi KPU

ReJo Ajak Masyarakat Tunggu Hasil Keputusan Resmi KPU
Relawa Jokowi mengajak rakyat bersabar menunggu hasil keputusan resmi pilpres dari KPU pada 22 Mei mendatang. ( Foto: Istimewa )
Surya Lesmana / LES Kamis, 25 April 2019 | 16:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua umum Relawan Jokowi (ReJo) HM Darmizal MS menilai, acara syukuran terkait kemenangan pasangan capres Jokowi-Ma'ruf Amin perlu dilakukan untuk menjelaskan kepada publik jika hasil hitung cepat (quick count) dan real count adalah kajian ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Namun menurutnya, secara hukum rakyat Indonesia tetap harus menunggu keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei mendatang. "Secara konstitusi, kita semua harus menunggu penyelenggara Pemilu dalam hal ini adalah keputusan KPU," ungkap Darmizal dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (25/4).

Real count KPU dibagi dalam wilayah-wilayah pemilihan, total ada 35 wilayah termasuk luar negeri. Hasil perhitungan ini belum final karena masih menunggu data masuk seluruhnya.

Sementara dari hasil quick count dari sejumlah lembaga survei yang terdaftar di KPU menempatkan, Jokowi sebagai pemenang Pilpres 2019. Rata-rata dalam lembaga survei itu Jokowi menang dengan perolehan angka 54-55 pesen. Sementera itu pasangan Prabowo-Sandi memperoleh angka sekitar 44-45 persen.



Sumber: Suara Pembaruan