Lagi, Petugas KPPS Meninggal Dunia di Medan

Lagi, Petugas KPPS Meninggal Dunia di Medan
Warga mengangkat jenazah Sudirdjo, seorang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019 yang meninggal dunia seusai mendapatkan perawatan di rumah sakit untuk dimakamkan di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (23/4/2019). ( Foto: Antara )
Arnold H Sianturi / CAH Jumat, 26 April 2019 | 07:12 WIB

Medan, Beritasatu.com - Jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia di Sumut, kembali bertambah menjadi 8 orang. Korban terakhir adalah Susyanto. Pria berusia 46 tahun itu adalah petugas KPPS di TPS 27 Tanjung Sari. Lokasi tugasnya itu tidak jauh dari tempat tinggalnya di Jalan Setiabudi Pasar I Gang Rambe, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang.

"Suami saya meninggal dunia, Kamis (25//4) sekitar pukul 04.00 WIB di Rumah Sakit Umum Haji Adam Malik Medan. Dia meninggal setelah sembilan hari menjalani perawatan medis," ujar istri Susyanto, Evi Julianti (47).

Evi Julianti mengatakan, suaminya menjalani perawatan di rumah sakit akibat sesak nafas saat bertugas sebagai petugas KPPS. Sebab, mulai dari sebelum sampai berlangsungnya, pemungutan suara Susyanto, terus bekerja.

"Suami saya kelelahan dan tidak tahan lagi menahan rasa sakit di tubuhnya. Kami kemudian membawanya ke rumah sakit. Jenazah suami saya sudah dikebumikan di TPU Pasar III Setiabudi Medan," kata Evi Julianti.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) mencatat, ada sebanyak 7 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang meninggal dunia selama proses pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu), 17 April 2019 kemarin.

"Setelah selesai penghitungan suara di tingkat desa, petugas PPS kita masih melakukan beres-beres. Tiba-tiba terasa sesak, mungkin terkena angin duduk. Jadi seperti itu awalnya karena kelelahan," ujar Ketua KPU Sumut, Yulhasni.

Menurutnya, identitas tujuh anggota PPS yang meninggal dunia itu masing - masing, petugas KPPS TPS 43 Kelurahan Gedung Johor, Medan, Zulkifili Salamuddin, KPPS TPS 21, Kelurahan Pulo Padang, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhan Batu, Eva Arnaz.

Kemudian, Ketua PPS Desa Karing, Kecamatan Berampu, Kabupaten Dairi Jalakon Sinaga, Sekretariat PPS Desa Lama,Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang, Zainuddin Keliat, Bendahara PPK Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias, Falukhata Halawa.

Selain itu, petugas KPPS 2 Desa Tanjung Kasau, Kecamatan Sei Suka Batubara, Kabupaten Batubara, bernamaTugiman, dan anggota KPPS 2 Desa Nagori Bunga, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Putra Sipayung.



Sumber: Suara Pembaruan