9 Orang Korban Banjir dan Longsor di Bengkulu Belum Ditemukan

9 Orang Korban Banjir dan Longsor di Bengkulu Belum Ditemukan
Banjir di Bengkulu ( Foto: BNPB )
Usmin / CAH Selasa, 30 April 2019 | 08:33 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Sebanyak 9 orang korban banjir dan longsor di Bengkulu, yang hilang belum berhasil ditemukan Tim Basarnas dan BPBD setempat. Diduga korban yang hilang ini tertimbun tanah longsor.

Sedangkan jumlah korban yang tewas akibat banjir dan longsor yang terjadi pada Jumat (26/4/2019) masih tercatat sebanyak 29 orang. Mereka berasal dari Bengkulu Tengah sebanyak 24 orang, Kota Bengkulu 2 orang, Kabupaten Lebong 1 orang dan Kabupaten Kepahiang 1 orang.

"Sampai hari ini, jumlah korban banjir dan longsor di Bengkulu, yang meninggal dunia masih tercatat 29 orang dan hilang sebanyak 9 orang," kata Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar, di Bengkulu, Selasa (30/4/2019).

Ia mengatakan, seluruh korban banjir dan longsor yang meninggal dunia sudah dimakamkan oleh keluarga masing-masing. Sedangkan korban yang hilang masih terus dicari oleh Tim Basarnas dan BPBD, serta tim gabungan dari berbagai instansi.

"Kita berusaha untuk menemukan korban banjir dan longsor yang hilang 9 orang tersebut dengan mengerahkan Tim Basarnas, BPBD, Tim Gabungan terdiri dari TNI, Polri, Tagana, PMI dan tim relawan lainnya ke lokasi banjir dan longsor di daerah ini," ujarnya.

Rusdi menambahkan, korban banjir dan longsor yang belum ditemukan sebagian besar berasal dari beberapa desa di Bengkulu Tengah. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci korban banjir dan longsor di Bengkulu Tengah yangh belum ditemukan sampai sekarang.

"Yang jelas, sampai saat ini masih ada 9 orang korban banjir dan longsor yang belum ditemukan. Mereka sebagian besar warga Kabupaten Bengkulu Tengah. Sebab, di daerah ini tidak hanya banjir tapi ada sejumlah titik longsor," ujarnya.

Terkait banjir, Rusdi mengatakan, hingga hari ini Selasa (30/9/2019) genangan banjir di sejumlah titik baik di Kota Bengkulu maupun di beberapa kabupaten lainnya di daerah ini, sudah surut.

Dengan demikian, sebagian pengungsi korban banjir sudah kembali ke rumah masing-masing. "Sejak Senin sore sebagian pengungsi korban banjir sudah kembali ke rumah karena banjir sudah surut, khususnya di Kota Bengkulu. Namun, sebagian masih belum bisa kembali karena rumah warga masih digenangi air," tambah Rusdi.



Sumber: Suara Pembaruan