Soal Ibu Kota Baru, Kalimantan Paling Save

Soal Ibu Kota Baru, Kalimantan Paling Save
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono. ( Foto: Beritasatu Photo / Dok. Kempupera )
Aichi Halik / AHL Senin, 6 Mei 2019 | 18:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta paling aman di Kalimantan.

Menurut Basuki, Kalimantan paling minim potensi bencana sehingga tiga provinsi di pulau tersebut aman dijadikan ibu kota, yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

"Kalimantan yang paling save menurut BMKG. Kalimantan bersih, tak ada jejak-jejak gempa bumi," kata Basuki di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Basuki mengakui bahwa lokasi Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, berada di tengah-tengah Indonesia, namun wilayah tersebut termasuk dalam kawasan cincin api (the ring of fire).

"Kalau Sulawesi Barat, Mamuju itu kan, itu daerah tengah-tengah betul tapi ring of fire. Juga tidak ada lahan 300 ribu hektar disitu," kata Basuki.

Basuki menambahkan, bahwa rencana pemindahan ibu kota sudah lama sejak satu tahun hingga dua tahun lalu. Ada dua kementerian yang ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo untuk mengkaji itu yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.



Sumber: BeritaSatu TV