DPR Dukung Pemindahan Ibu Kota

DPR Dukung  Pemindahan Ibu Kota
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Beritasatu TV)
Novy Lumanauw / MPA Senin, 6 Mei 2019 | 19:43 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  Indonesia mendukung rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota pemerintahan dari Jakarta ke daerah lainnya di Indonesia.

Dukungan itu disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara buka puasa bersama jajaran pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5).

“Ya, prinsipnya kami di DPR mendukung, sejauh itu sudah dikaji secara matang,” kata Bamsoet di Istana Negara.

Ia meyakini bahwa apa yang disampaikan Presiden Jokowi mengenai pemindahan ibu kota sudah melalui kajian dan pertimbangan matang. Apalagi, katanya, Presiden Jokowi secara eksplisit mengungkapkan keseriusan pemerintah mengenai hal itu.

“Dan, saya yakin apa yang disampaikan oleh Presiden bahwa ini sudah masuk pengkajian kita menyambut baik. Tinggal pelaksanaannya harus berhati-hati karena ini pemindahan ibu kota, satu hal yang tidak mudah,” jelas Bamsoet.

Presiden Jokowi, lanjutnya, telah meyakinkan para pimpinan lembaga negara bahwa pemindahan ibu kota pemerintahan tidak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), melainkan menjadi tugas Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Ya, kita lihat sejauh mana konsep yang sudah dibuat Bappenas dan disinkronisasikan dengan Kementerian Keuangan. Nanti kita bahas lagi di DPR,” kata Bamsoet.



Sumber: Investor Daily