Hari Ini, Presiden Buka Musrenbangnas 2019

Hari Ini, Presiden Buka Musrenbangnas 2019
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Novy Lumanauw / CAH Kamis, 9 Mei 2019 | 07:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 sekaligus meluncurkan Visi Indonesia 2045 di Hotel Shangri-La Jakarta, pada Kamis (9/5/2019).

Presiden Jokowi didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro akan memberikan pengarahan kepada jajaran pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (gubernur, wali kota, dan bupati) seluruh Indonesia tentang Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020.

Presiden Jokowi juga akan mendengarkan pemaparan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro tentang pelaksanaan Musrenbangnas

2019, penyusunan Visi Indonesia 2045, dan Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan menyerahkan penghargaan kepada penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) kategori perencanaan dan pencapaian terbaik baik di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Seperti diketahui, Undang Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (UU SPPN) mengatur tahapan proses penyusunan rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan. Salah satu tahapan terpenting yang menjadi bagian dalam proses tersebut adalah Musrenbangnas.

Pasal 20 Ayat (1) UU SPPN mengamanatkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencan aan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menyiapkan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) setiap tahunnya. Rancangan awal RKP tersebut memuat prioritas pembangunan, rancangan kerangka ekonomi makro dan pendanaan, indikasi program Kementerian/Lembaga (K/L), program lintas K/L dan program lintas wilayah, serta kaidah pelaksanaan. Setiap K/L menyusun Rencana Kerja Kementerian/Lembaga (Renja K/L) mengacu kepada rancangan awal RKP 2020.

Penyusunan RKP 2020 yang mengusung tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas” dilakukan dengan penguatan pendekatan penganggaran berbasis program (money follows program) dan pendekatan Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial (THIS).

Dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKP 2020 dilakukan rangkaian Musrenbangnas Tahun 2019 untuk mewujudkan sinergi antara RKP dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang akan mendorong pencapaian sasaran prioritas pembangunan nasional.

Sementara itu, dalam upaya mendukung kelancaran pelaksanaan Musrenbangnas Tahun 2019, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyiapkan Buku Panduan Rangkaian Musrenbangnas Tahun 2019 yang memuat mekanisme pelaksanaan dan informasi umum pelaksanaan rangkaian Musrenbangnas.



Sumber: Investor Daily