Tol Laut Segera Layani Rute Surabaya-Tahuna

Tol Laut Segera Layani Rute Surabaya-Tahuna
Pelabuhan Tahuna (Sulut). ( Foto: Antara )
/ WBP Jumat, 10 Mei 2019 | 21:53 WIB

Tahuna, Sulut, Beritasatu.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Felix Gaghaube mengatakan, kapal tol laut segera melayani rute Surabaya (Jawa Timur)-Tahuna (Sulut).

"Kapal tol laut yang sebelumnya hanya melayani rute Surabaya-Bitung, kini sudah akan masuk pelabuhan Tahuna," kata Felix Gaghaube di Tahuna, Jumat (10/5/2019).

Kembalinya rute tol laut masuk pelabuhan Tahuna merupakan hasil kerja keras pemerintah kabupaten yang terus mendesak pemerintah pusat agar tol laut bisa melayani kebutuhan masyarakat di wilayah terluar seperti Kabupaten Sangihe.

"Kami berterima kasih kepada masyarakat yang terus menopang dalam doa sehingga perjuangan Pemerintah Sangihe guna mengembalikan rute tol laut dapat terwujud," kata Felix Gaghaube.

Felix Gaghaube mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan telah menjawab kerinduan masyarakat dan pemerintah. "Pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut, telah merestui agar rute tol laut kembali masuk pelabuhan Tahuna," kata Felix Gaghaube.

Dia mengatakan, kapal tol laut yang masuk pelabuhan Tahuna bisa memuat ratusan kontainer. "Kalal tol luat yang akan masuk pelabuhan Tahuna bisa memuat tiga ratus lebih kontainer," kata Felix Gaghaube.

Dia berharap, dengan adanya tol laut ini, harga bahan kebutuhan pokok masyarakat bisa terjangkau. "Kami berharap, pengusaha yang menggunakan fasilitas tol laut dapat menurunkan harga jual bahan kebutuhan pokok agar bisa dijangkau oleh masyarakat kurang mampu," kata  Felix Gaghaube.



Sumber: ANTARA