Mendagri: Belum Ada Pengajuan Perpanjangan SKT FPI

Mendagri: Belum Ada Pengajuan Perpanjangan SKT FPI
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. ( Foto: Puspen Kemdagri )
Carlos KY Paath / JAS Sabtu, 11 Mei 2019 | 18:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Surat Keterangan Terdaftar (SKT) organisasi masyarakat (ormas) Front Pembela Islam (FPI) di Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) akan berakhir pada 20 Juni 2019. Kemdagri belum bersikap mengenai kemungkinan perpanjangan SKT tersebut.

“Kemdagri secara prinsip belum ambil keputusan apapun terkait izin ormas FPI. Karena secara resmi, belum ada pengajuan dari FPI,” tegas Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kepada Beritasatu.com, Sabtu (11/5).

Apabila nantinya FPI mengajukan permohonan, menurut Tjahjo, pemerintah bakal mengevaluasi. “Setelah ada pengajuan, baru ada evaluasi lintas kementerian dan lembaga dalam koordinasi Menko Polhukam,” jelas Tjahjo.

Di sisi lain, Tjahjo menyatakan, FPI tentu memahami kewajiban dalam mengimplementasikan Pancasila sebagai dasar negara. Tjahjo menambahkan, Pancasila wajib tercantum dalam AD/ART seluruh ormas di Tanah Air.

“Prinsipnya semua ormas termsuk FPI, harus menerima dan melaksanakan dasar negara Pancasila dalam berserikat dan bermasyarakat di Indonesia. Implementasi Pancasila dalam kegiatan ormas. Demikian prinsip dalam evaluasi nanti, dan bagaimana kegiatan ormas FPI selama ini di masyarakat,” ucap Tjahjo.



Sumber: Suara Pembaruan