BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga 3 Hari Mendatang

BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga 3 Hari Mendatang
Ilustrasi cuaca berkabut. ( Foto: Antara )
/ YUD Senin, 13 Mei 2019 | 20:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan waspada akan potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia hingga tiga hari ke depan.

Melalui siaran pers, Senin (13/5/2019) disebutkan, BMKG mendeteksi adanya sirkulasi siklonik di wilayah Papua Barat pada level 925/850 mb dan di Filipina level 925/850 mb.

Selain itu, BMKG juga mendeteksi adanya sirkulasi tertutup di wilayah Kalimantan Barat. Belokan angin terdeteksi muncul di Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Perairan Utara Sulawesi, Maluku serta Papua Barat.

Menurut pantauan BMKG, Wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Senin (13/5/2019) di antaranya adalah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulaian Bangka Belitung, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Papua.

Sedangkan untuk Selasa (14/5), hujan lebat berpeluang terjadi di Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua

Sementara untuk wilayah Indonesia lain pun berpeluang terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada Senin (13/5), di antaranya adalah Sumatera Utara, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Untuk Selasa (14/5/2019) wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat / petir dan angin kencang yaitu Sumatera Utara, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Keesokan harinya yakni Rabu (15/5/2019) wilayah yang berpotensi hujan di antaranya adalah Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat / petir dan angin kencang yaitu Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Kep.Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap cuaca ekstrem yang melanda daerah-daerah tersebut.



Sumber: ANTARA