Menteri PDT Eko Putro Sanjoyo Gagal Melenggang ke Senayan

Menteri PDT Eko Putro Sanjoyo Gagal Melenggang ke Senayan
Ilustrasi penghitungan suara Pemilu 2019. ( Foto: ANTARA FOTO )
Usmin / JEM Rabu, 15 Mei 2019 | 14:27 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Eko Putra Sanjoyo yang menjadi caleg DPR dari PKB dari dapil Bengkulu, gagal melanggang ke Senayan, Jakarta. Pada Pemilu 17 April  2019 lalu, ia tidak mendapatkan dukungan suara secara signifikan dari dari masyarakat Bengkulu.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi yang ditetapkan melalui rapat pleno KPU Provinsi Bengkulu pada Jumat (10/7/2019) lalu, PKB hanya mampu mengumpulkan dukungan dari masyarakat sebanyak 63.842 suara di Provinsi Bengkulu.

Perolehan suara PKB ini kalah dengan suara yang didapat 4 parpol peserta Pemilu lainnya, yakni PDIP, Partai Golkar Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN).

PDIP mendapatkan dukungan suara terbanyak hasil Pemilu di Bengkulu, yakni 137.006 suara, kemudian disusul Partai Golkar sebanyak 136.581 suara, Partai Gerindra sebanyak 130.581 suara dan PAN sebanyak 121.990 suara.

Dengan perolehan suara tersebut, PDIP, Golkar, Gerindra dan PAN berhasil mengantarkan kadernya duduk di DPR Senayan, Jakaeta masing-masing satu orang.

Dari 4 caleg DPR dapil Bengkulu, yang lolos ke Senayan, Jakarta merupakan calon petahana, yakni PDIP atas nama Elva Hartati, PAN atas nama Dewi Coryati, Gerindra atas nama Susi Marleny Bachsin dan Partai Golkar atas nama Muhammad Soleh.

Muhammad Soleh sebenarnya tidak asing di Senayan karena sebelumnya sebagai anggota DPD-RI dapil Bengkulu hasil Pemilu 2014 lalu. Bahkan, Muhammad Soleh sempat menjadi Ketua DPD menggantikan Irman Gusman.

Dengan telah ditetapkan hasil Pemilu 2019 tingkat provinsi oleh KPU Bengkulu, maka hanya 4 orang caleg dari partai berbeda yang melenggang ke Senayan, Jakarta. Sedangkan Menteri PDT Eko Putra Sanjoyo caleg dari PKB kandas alias tidak berhasil masuk ke Senayan.

Anggota KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto membenarkan caleg PKB atas nama Eko Putra Sanjoyo gagal meraih kursi DPR dari dapil Bengkulu, karena perolehan suaranya masih dibawah angka 100.000.

"Jadi, hanya 4 caleg dari partai berbeda yang terpilih menjadi anggota DPR dari dapil Bengkulu hasl Pemilu 2019 lalu. Tiga orang di antaranya merupakan calon incumben dan satunya sebelum menjadi anggota DPD-RI dari dapil Bengkulu pada Pemilu 2014 lalu," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan