BMKG: Cuaca Dua Hari Mendatang Masih Berpotensi Hujan Lebat

BMKG: Cuaca Dua Hari Mendatang Masih Berpotensi Hujan Lebat
Ilustrasi hujan. ( Foto: Antara )
Ari Supriyanti Rikin / YUD Kamis, 16 Mei 2019 | 09:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada karena 15-17 Mei 2019 akan terjadi potensi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia.

Hasil pantauan BMKG menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di perairan barat Bengkulu (925/900mb) dan di Papua Barat (925/600mb) dengan konvergensi yang terbetuk memanjang dari Perairan Barat Sumatera hingga Teluk Thailand. Juga terjadi belokan angin yang terbentuk di Sumatera, Laut Natuna, Maluku Utara dan Papua Barat.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengatakan, potensi hujan lebat di beberapa wilayah disebabkan adanya penumpukan massa udara basah yang terjadi karena adanya pusaran angin di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera dan di atas Papua.

"Selain itu penumpukan massa udara juga terjadi karena adanya daerah belokan angin di sekitar Sulawesi dan Kalimantan," katanya di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Menurutnya, sampai dengan dasarian III April, sudah 8,7 persen atau 30 zona musim (ZOM) yang memasuki musim kemarau dari total 342 ZOM.

"Kami melihat ini merupakan fenomena dinamika atmosfer yang lazim terjadi di periode akhir musim hujan," ucapnya.

Sementara itu, beberapa wilayah yang akan mengalami hujan lebat, Kamis (16/5) antara lain Riau, Bengkulu, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Tengah dan Papua.

Kemudian untuk Jumat (17/5) daerah yang berpotensi hujan lebat antara lain Bengkulu, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan serta Papua.

Menurut pantauan BMKG, beberapa wilayah Indonesia lainnya juga berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada Kamis (16/5) di Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku dan Papua Barat.

Kemudian untuk Jumat (17/5) daerah yang berpotensi hujan lebat sedikit berkurang menjadi di Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua Barat.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.



Sumber: Suara Pembaruan