Rampchek Sarana Angkutan Mudik Transportasi Darat

Rampchek Sarana Angkutan Mudik Transportasi Darat
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan bus rampcheck dalam rangka proses melaksanakan program mudik gratis dan dinyatakan lolos uji kelayakan.
/ RIX Kamis, 16 Mei 2019 | 21:30 WIB

JAKARTA- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun memastikan bahwa selama proses melaksanakan program mudik gratis moda yang digunakan dipastikan aman. Karena, sampai dengan saat ini rampcheck dilakukan secara bertahap pada moda bus dan penyeberangan.

Ada beberapa komponen yang menjadi perhatian serius selama proses rampcheck, untuk bus yaitu kondisi mesin, sistem kemudi, rem, kelengkapan dan laik fungsi peralatan darurat.Sementara untuk moda penyeberangan kondisi mesin, sistem kemudi, sistem bongkar muat, kelengkapan dan laik fngsi peralatan darurat.

"Kita lakukan rampcheck di beberapa titik, untuk bus AKAP rampcheck dilakukan di tiap Terminal Tipe A. Sedangkan untuk bus pariwisata, rampcheck dilakukan di kawasan obyek wisata. Untuk kapal penyeberangan, rampcheck dilakukan di pelabuhan penyeberangan dan pada saat kapal beroperasi," ujar Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. 

Budi memastikan Bahwa kendaraan bus yang telah di rampcheck dan lolos uji kelaikan akan mendapatkan stiker lolos uji kelaikan yang ditempel di kaca depan sebelah kiri. Calon penumpang dihimbau untuk memilih bus yang telah berstiker lolos uji.

“Masyarakat yang mudik dengan angkutan umum (bus) dapat melakukan perjalanan dengan lebih tenang dan nyaman, karena kendaraan yang mereka tumpangi telah diperiksa kelaikannya, baik secara teknis maupun administratif," tegasnya.

 

(Advertorial)



Sumber: BeritaSatu.com