Kakanwil Kemkumham Imbau Napi Lapas Langkat yang Kabur Serahkan Diri

Kakanwil Kemkumham Imbau Napi Lapas Langkat yang Kabur Serahkan Diri
Ilustrasi tahanan kabur ( Foto: Ist )
Arnold H Sianturi / WBP Jumat, 17 Mei 2019 | 14:59 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) Sumatera Utara (Sumut), Dewa Putu Gede mengimbau, napi yang melarikan diri dalam kerusuhan di lapas narkotika di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumut, supaya menyerahkan diri.

"Kami menjamin tidak akan ada tindakan kekerasan terhadap napi yang kembali ke lapas. Keluarga napi pun diharapkan berperan untuk menyerahkan," ujar Dewa Putu Gede di Lapas Narkotika, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Jumat (17/5/2019).

Dewa Putu mengatakan, untuk menyerahkan napi agar kembali menjalani masa hukumannya, dapat dilakukan keluarga masing-masing melalui kepala desa, polsek, polres maupun kantor pemerintahan setempat.

"Untuk napi yang sudah ditangkap ada 104 orang. Sebanyak 60 orang masih dititip di Rutan Tanjungpura dan 43 orang di Lapas Binjai dan satu orang lagi di Lapas Klas I Medan," kata Dewa Putu Gede.

Menurut Dewa Putu Gede, kerusuhan di Lapas Narkotika Klas III Langkat, tidak merusak gedung secara keseluruhan. Hanya bagian ruang administrasi dan tempat berkas yang terdampak, sehingga, tidak akan ada napi yang dipindahkan.



Sumber: Suara Pembaruan