Terduga Teroris di Bogor Perakit Bom

Terduga Teroris di Bogor Perakit Bom
Sejumlah barang bukti yang diamankan dari kediaman teroris Endang alias Abu Rafi (51) di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat, 17 Mei 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Vento Saudale )
Vento Saudale / BW Jumat, 17 Mei 2019 | 23:20 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Terduga teroris Endang alias Abu Rafi terafiliasi dengan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Tengah yang diamankan dua hari lalu. Endang merupakan perakit bom.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror menangkap sembilan orang terduga teroris, Selasa (15/5/2019). Dari sembilan orang itu, delapan ditangkap di Jawa Tengah dan satu di Jawa Timur.

Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan, di antara sembilan pelaku terorisme itu, tujuh di antaranya pernah berangkat ke Suriah.

“Artinya pelaku memiliki pengalaman, kemampuan dan militansi yang lebih dibanding pelaku yang ditangkap terdahulu,” papar Dedi.

Terduga Endang diamankan berdasarkan pengembangan terduga teroris Tedjo yang ditangkap di Pemalang, Jawa Tengah.

Berdasarkan keterangan Tedjo, Endang mengikuti pelatihan di Gunung Cermai Cirebon, dan Endang memiliki kemampuan membuat bahan peledak.

Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar AM Dicky mengatakan, saat menangkap Endang, ditemukan beberapa bahan baku dan bahan jadi peledak yang dibuat secara rumahan. “Kita temukan beberapa panci, paku, buku-buku pembuatan bom, dan buku-buku doktrin jihadis. Ditemukan pula berbagai jenis senjata tajam dan rangkaian detonator," katanya, Jumat (17/5/2019) malam.



Sumber: Suara Pembaruan