BNN Sita 52 KG Sabu dan Ribuan Ekstasi di Riau

BNN Sita 52 KG Sabu dan Ribuan Ekstasi di Riau
Barang bukti sabu dan ekstasi yang diamankan petugas BNN di Riau pada Jumat, 17 Mei 2019 lalu. ( Foto: istimewa )
Carlos Roy Fajarta / CAH Senin, 20 Mei 2019 | 08:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita sebanyak 52 kilogram sabu dan 23.000 butir pil ekstasi dalam pengungkapan kasus sindikat narkoba di Dumai, Riau pada Jumat (17/5/2019) lalu.

Kepala Biro Humas dan Protokol BNN, Sulistyo Pudjo Hartono menyebutkan anggotanya melakukan penangkapan terhadap tiga orang tersangka yakni RP, HS, dan IK yang merupakan bagian dari sindikat narkoba.

Ketika hendak ditangkap, ketiganya sempat melarikan diri dengan mobil Fortuner dengan kecepatan tinggi bahkan berupaya mundur meski ada blokade truk di daerah Pelintung. Dua orang diantaranya terpaksa dilumpuhkan pada bagian kakinya karena berupaya melarikan diri.

Dari ketiga pelaku diamankan sabu 52 kg dan 23 ribu butir ekstasi.Petugas melakukan pengembangan dan menciduk seorang tersangka lainnya berinisial RAD di Jalan Lintas Duri Dumai. Pihak BNN masih mengejar satu orang pengendali berinisial LAN yang melarikan diri dari Kota Duri ke pedalaman Sontang.

Di tempat terpisah anggota BNN juga mengamankan tiga orang pengedar narkoba yakni HK (36), AV (23), dan AD (20) dengan barang bukti 6 kg sabu, 4.787 butir ekstasi, serta 31 butir pil happy five pada Senin (13/5)

Narkoba ini diselundupkan dari Malaysia melalui Selat Panjang, Tembilahan, Jambi, dan Palembang kemudian menuju ke Bangka Belitung. Ketiganya diringkus anggota gabungan BNN di Pelabuhan Muntok Bangka Barat.

Pihak BNN juga melakukan identifikasi serta penyitaan aset TPPU milik para pengedar narkotika diantaranya yakni AS alias Lagu, Muhammad Amin Nurrohman alias Emon, dan BC alias Diaz. 



Sumber: Suara Pembaruan