Masyarakat Kabupaten Dairi Harapkan Kehadiran Perguruan Tinggi

Masyarakat Kabupaten Dairi Harapkan Kehadiran Perguruan Tinggi
Bupati Dairi, Sumatera Utara, Eddy Keleng Ate Berutu menemui Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi  (Menristekdikti) M Nasir di Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Selasa, 21 Mei 2019 | 23:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Bupati Dairi, Sumatera Utara, Eddy Keleng Ate Berutu mengungkapkan harapan masyarakat di daerahnya tentang kehadiran perguruan tinggi. Kehadiran perguruan tinggi itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Dairi.

Harapan masyarakat Dairi itu disampaikan Bupati Eddy ketika menemui Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir di Jakarta, Selasa (21/5/2019). Pertemuan Menristekdikti dan Bupati Dairi bersama jajarannya berlangsung hangat.

Pada awal pertemuan, Eddy memaparkan tentang potensi Kabupaten Dairi yang kemudian dilanjutkan dengan harapan masyarakat agar di Dairi dapat berdiri sebuah perguruan tinggi. “Saya berkeyakinan kelak Dairi, kampung halaman saya, menjadi kabupaten yang disegani di kawasan Danau Toba, bahkan di Indonesia, karena pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakatnya yang mensejahterakan. Para orangtua di kampung kami memang masih makan sirih, tetapi kualitas SDM dan produknya sudah berstandar internasional,” ujar Eddy.

Dia berharap, kehadiran perguruan tinggi akan mempersiapkan SDM Dairi bisa terserap di sektor-sektor unggulan, yakni pertanian dan pariwisata yang akan didorong untuk terus bertumbuh. Kehadiran perguruan tinggi juga akan membuat pendidikan anak-anak di Dairi tidak lagi hanya sampai tingkat SMA atau SMK.

“Mereka tidak perlu harus merantau ke Medan atau ke Pulau Jawa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Mereka bisa tetap membantu orang tua di ladang sambil melanjutkan pendidikan,” ujar Eddy.

Dikatakan, angkatan kerja yang memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang cocok akan bisa terserap di dua sektor unggulan Dairi, yakni pertanian dan pariwisata. SDM yang andal itu juga bisa memperkuat kemampuan pemerintah daerah di berbagai sektor pelayanan publik.

Menteri M Nasir menyambut baik harapan Bupati Eddy dan warga Dairi itu. Dikatakan, Pemkab Dairi harus fokus pada keunggulan sektor-sektor yang ada di daerah itu dan disesuaikan dengan program studi yang akan dibangun.

“Sehingga, lulusan SMK dan SMA yang ada dapat ditingkatkan keterampilannya untuk memenuhi sektor-sektor unggulan yang ada di Dairi melalui kehadiran perguruan tinggi itu,” ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com