Polisi Beberkan Bukti Bahwa Kerusuhan Direncanakan

Polisi Beberkan Bukti Bahwa Kerusuhan Direncanakan
Situasi bentrok massa pendemo yang menyambit polisi di Jatibaru, Jakarta, Rabu (22/5/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Bayu Marhaenjati / Heru Andriyanto / HA Rabu, 22 Mei 2019 | 20:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepolisian sudah menangkap 257 pelaku kerusuhan dalam aksi demonstrasi di Jakarta 21-22 Mei 2019, dan 12 orang sudah ditetapkan tersangka dan dihadirkan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Rabu (22/5/2019) malam.

Polisi juga membeberkan bukti-bukti dan fakta bahwa aksi kerusuhan itu ada yang mendalangi dan direncanakan secara sistematis, menggunakan massa bayaran.

"Ini ada amplop yang ada nama-namanya, ditujukan untuk siapa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono yang bicara membelakangi para tersangka berbaju oranye.

"Selain itu ada amplop berisi uang Rp 5 juta, ini untuk dana operasional. Uang itu dari mana? Kita tanya mereka. Dari seseorang, seseorang inilah yang sedang kita cari."

Barang bukti itu ditemukan di Petamburan, Jakarta. Selain amplop, Argo juga menunjukkan barang bukti lain yaitu celurit, busur panah, dan batu. Barang bukti dikumpulkan dari sejumlah lokasi termasuk di area unjuk rasa dekat gedung Bawaslu dan di Petamburan.

"Ini ada yang menyuruh, ada yang men-setting," ujarnya.

Serangan Asrama Polisi
Selanjutnya, Argo membeberkan rencana menyerang sejumlah asrama polisi di Jakarta, termasuk di Petamburan.

"Para tersangka datang dari luar Jakarta. Dari Jawa Barat mereka datang ke (masjid) Sunda Kelapa, bertemu dengan beberapa orang di sana, yang sedang kita cari," jelasnya.

"Kemudian merencanakan menyerang asrama polisi di Petamburan. Kami ada rekamannya. Bukti-bukti sudah kita kantongi."

Selain otak serangan, di lokasi kerusuhan ada para provokator.

"Di belakang saya ini adalah para tersangka provokator," kata Argo.

Mereka mengajak aksi rusuh lewat group WhatsApp dengan kalimat-kalimat provokatif, yang kemudian dibacakan oleh Argo.



Sumber: BeritaSatu.com