Sido Muncul Bangun Masjid Megah, PBNU Berterima Kasih

Sido Muncul Bangun Masjid Megah, PBNU Berterima Kasih
Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama Said Aqil Siroj meresmikan masjid di pabrik Sido Muncul, Kab. Semarang, Jawa Tengah, 24 Mei 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Stefy Thenu )
Stefy Thenu / HA Sabtu, 25 Mei 2019 | 04:19 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menyampaikan terima kasih atas dibangunnya masjid di lingkungan pabrik Sido Muncul, Semarang.

"Saya salut dan bangga dengan Pak Irwan, Pak Sofyan yang notabene non-Muslim, tapi punya kepedulian kepada ratusan karyawannya yang Muslim," kata Said Aqil usai meresmikan masjid yang diberinya nama Masjid Hidayat Sido Muncul, Jumat (24/5/2019).

"Membangun masjid yang megah dan bersih, berada di tengah-tengah pabrik. Semoga ini pertanda kerukunan dan solidaritas antarsesama warga bangsa, lintas agama dan lintas etnis."

Masjid tersebut berdiri diatas lahan seluas 2.500 meter persegi dan dibangun sejak 2016, dengan kapasitas hingga 800 jemaah terutama karyawan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk dan masyarakat sekitar pabrik.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan, pembangunan masjid diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh karyawan dalam menjalankan ibadahnya. Selain itu, keberadaan masjid ini akan menguatkan rasa saling mencintai antarsesama manusia.

Menurut Irwan, sebenarnya sudah ada mushola di masing-masing unit pabrik. Hanya saja untuk keperluan salat Jumat, para karyawan harus keluar pabrik.

"Dengan adanya masjid ini, kami berharap saat salat Jumat, karyawan Muslim laki-laki bisa menjalankannya di Masjid Sido Muncul. Tak perlu lagi keluar lingkungan pabrik," ujar Irwan.

Menurut Irwan, pembangunan masjid merupakan pesan mendiang ibunda tercinta. Sebelum meninggal 1,5 tahun lalu, sang ibunda selalu mengingatkan pentingnya toleransi dan mencintai sesama, selalu membantu dan bermanfaat bagi banyak orang.

"Kami menyadari betul, orang itu harus berdoa yang akan berbuah iman dan menumbuhkan cinta kasih. Kalau orang mencintai Tuhan pasti akan berbuah mencintai sesamanya lebih baik," ungkapnya.

Irwan menegaskan, sebagai perusahaan, Sido Muncul tetap berkomitmen untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat Ramadan kali ini pun Sido Muncul mewujudkan kepeduliannya terhadap masyarakat di sekitar Pabrik Sido Muncul di Bergas, Kabupaten Semarang.

Tahun ini, Sido Muncul berbagi untuk duafa dan anak yatim di Kabupaten Semarang. Sebanyak 1.200 paket sembako dan uang saku dibagikan dengan total bantuan senilai Rp 250 juta.