Arus Mudik di Jambi Semakin Padat

Arus Mudik di Jambi Semakin Padat
Ilustrasi mudik dengan bus. ( Foto: Antara )
Radesman Saragih / JAS Minggu, 26 Mei 2019 | 15:01 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Arus mudik Lebaran dari Kota Jambi ke berbagai kota di Pulau Jawa semakin padat menjelang hari raya Lebaran atau Idulfitri 1440 Hijriah . Seluruh bus angkutan mudik yang berangkat dari terminal bus Alam Barajo Kota Jambi beberapa hari terakhir dipenuhi penumpang.

Pantauan Suara Pembaruan di terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi, H-9 Lebaran, Minggu (26/5/2019) sore, seluruh bus yang berangkat dari terminal itu untuk tujuan Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat penuh penumpang.

Dua unit bus PO Putra Remaja tujuan Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan satu unit bus PO Laju Prima tujuan Bandung, Jawa Barat yang berangkat dari terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi penuh penumpang.

“Seluruh bus dari Kota Jambi tujuan pulau Jawa yang berangkat dari terminal ini beberapa terakhir penuh penumpang. Peningkatan jumlah penumpang bus mudik Lebaran tujuan Jawa di terminal itu cukup signifikan sejak Sabtu-Minggu,” kata Juan, seorang petugas terminal Bus Alam Barajo, Kota Jambi.

Sementara itu petugas loket bus PO Putra Remaja, Rusli mengatakan, penumpang bus PO Putra Remaja yang mereka berangkatkan beberapa hari terakhir meningkat. Tiga unit bus PO Putra Remaja yang diberangkatkan dari Kota Jambi tujuan Yogyakarta dan Jawa Tengah dua hari terakhir rata-rata penuh.

“Kepadatan penumpang ini akan terus terjadi hingga H-3 Lebaran nanti karena tiket mudik bus PO Putra Remaja sudah habis. Jadi hingga H-3 Lebaran nanti kami tidak menjual tiket lagi. Kalau pun ada penjualan tiket hanya untuk menggantikan penumpang yang membatalkan keberangkatan,” ujarnya.

Secara terpisah Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Wing Gunariadi menjelaskan, puncak arus mudik Lebaran dari Kota Jambi ke berbagai kota di Jawa dan Sumatera diperkirakan terjadi, mulai H-5 Lebaran, Kamis (30/5/2019) hingga H-2 Lebaran, Minggu (2/6/2019).

Untuk menjamin kelancaran dan keamanan arus mudik Lebaran dari Kota Jambi ke berbagai kota di Jawa dan Sumatera, kata Wing Gunariadi, pihaknya melarang pengoperasian truk pengangkut batu bara, sawit, dan bahan bangunan di jalur mudik. Larangan beroperasinya truk di jalur mudik di daerah itu mulai berlaku mulai H-5 Lebaran, Kamis (30/5/2019) hingga H + 3 Lebaran, Jumat (6/5/2019).

“Kami sudah mengirimkan surat edaran kepada seluruh perusahaan angkutan batu bara, sawit dan barang-barang lainnya agar menghentikanm operasi di jalur mudik sejak H-5 hingga H+3 Lebaran. Hanya truk pengangkut kebutuhan pokok dan bahan bakar minyak (BBM) yang diperbolehkan beroperasi di jalur mudik selama arus mudik Lebaran,” katanya.

Selain itu, kata Wing Gunariadi, pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan bus angkutan mudik di Jambi. Baik bus antar kota dalam provinsi (AKDP), maupun bus antar kota dalam provinsi (AKAP). Seluruh bus angkutan mudik yang saat ini sudah beroperasi melayani angkutan mudik sudah laik jalan.

“Sedangkan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas selama arus mudik, kami juga akan melakukan tes urine terhadap pengemudi dan kondektur bus angkutan mudik. Pemeriksaan tes urin tersebut mulai dilakukan pada pencangan angkutan mudik di terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi, Senin (27/5),” ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan