Kejurnas Dayung Antar-PPLP Digelar di Danau Sipin Kota Jambi

Kejurnas Dayung Antar-PPLP Digelar di Danau Sipin Kota Jambi
Ilustrasi dayung. ( Foto: ANTARA FOTO/INASGOC / Rahmad Suryadi )
Radesman Saragih / JAS Minggu, 26 Mei 2019 | 15:26 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi siap menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) dayung tingkat pelajar antar-Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang akan diadakan di Danau Sipin, Kota Jambi, Provinsi Jambi, 24-28 Juli 2019. Berbagai sarana kejurnas dayung tersebut sudah hampir rampung.

“Jambi siap menggelar kejurnas dayung di Danau Sipin dua bulan mendatang. Berbagai sarana dan prasarana untuk kejurnas dayung tersebut sudah dipersiapkan. Baik sarana dan prasarana lomba di Danau Sipin maupun sarana lain yang dibutuhkan para atlet dayung,” kata Gubernur Jambi, Fachrori Umar ketika meninjau persiapan sarana dan prasarana kejurnas dayung di Danau Sipin, Kota Jambi, Sabtu (25/5/2019).

Fachrori Umar optimistis kejurnas dayung di Danau Sipin bisa terselenggara dengan baik. Persiapan penyelenggaraan kejurnas dayung tersebut sudah hampir rampung.

Agar persiapan kejurnas dayung tersebut bisa rampung tepat waktu, seluruh pihak terkait, terutama Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi dan Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Provinsi Jambi harus bekerja intensif mempersiapkan sarana dan prasaran yang dibutuhkan untuk kejurnas tersebut.

“Kejurnas dayung di Jambi ini harus diselenggarakan dengan baik. Hal itu penting bukan hanya untuk mencapai hasil maksimal di bidang penyelenggaraan lomba, tetapi juga untuk meningkatkan daya tarik wisata. Penyelenggaraan kejurnas dayung tersebut diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jambi,” katanya.

Dijelaskan, penyelenggaraan kejurnas dayung di Danau Sipin Kota Jambi hendaknya bisa dinikmati masyarakat Jambi, baik dari segi wisata, maupun dari segi ekonomi. Melalui kejurnas dayung tersebut, warga Kota Jambi bisa mendapat hiburan. Kemudian kejurnas dayung tersebut juga diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi. Baik pada bidang perhotelan, kuliner, transportasi, dan jasa jasa lainnya.

"Saya harap, pelaksanaan kejurnas dayung Danau Sipin Kota Jambi ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Jambi, khususnya masyarakat yang berada di sekitar Danau Sipin. Salah satu dampak positifnya adalah meningkatnya perekonomian masyarakat Jambi dan semakin dikenalnya pariwisata Jambi di tingkat nasional," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Provinsi Jambi, Wahyuddin mengatakan, kejurnas dayung di Danau Sipin Kota Jambi tersebut memperlombakan 14 cabang. Cabang lomba tersebut antara lain, rowing, canoe, kayak, indooor rowing mesin ergometer. Jumlah atlet dayung yang diperkirakan mengikuti kejurnas dayung tersebut sekitar 161 orang dari 18 PPLP daerah seluruh Indonesia.

“Tim dayung yang dibiayai pemerintah pusat mengikuti kejurnas dayung tersebut berasal dari 12 daerah. Sedangkan beberapa tim dayung daerah yang mengikuti kejurnas dayung tersebut dibiayai pemerintah daerah masing-masing,” katanya.

Dijelaskan, Pemprov Jambi bertekad mempertahankan predikat juara umum pada kejurnas dayung di Kota Jambi tersebut. Pada kejurnas dayung di Bau Bau, Sulawesi Tenggara tahun lalu, tim dayung Provinsi Jambi meraih juara umum.



Sumber: Suara Pembaruan