Analisis Big Data Tingkatkan Keberhasilan Siswa

Analisis Big Data Tingkatkan Keberhasilan Siswa
Kiri ke kanan: Country Manager Extramarks Indonesia, Fernando Uffie, bersama brand ambassador Extramarks, Donna Agnesia, saat peluncuran program Kelas Pintar, di Jakarta, Senin 27 Mei 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Feriawan Hidayat / FER Senin, 27 Mei 2019 | 23:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Extramarks Indonesia, perusahaan edutech yang menyediakan solusi belajar digital 360 derajat, menghadirkan solusi Kelas Pintar sebagai jawaban dari keresahan kalangan orang tua di Indonesia terkait pendidikan putra-putrinya. Solusi belajar digital ini memadukan analisa big data dan metode pengajaran efektif dengan pendekatan Learn, Practice dan Test, untuk meningkatkan kualitas pendidikan para peserta didik.

Country Manager Extramarks Indonesia, Fernando Uffie, menjelaskan, Kelas Pintar memadukan teknologi dan metode pengajaran yang teruji. Adapun tingkat keberhasilannya hingga 90 persen.

"Ini yang menjadi landasan kami berani meluncurkan program Money Back Guarantee (MBG) - Garansi Nilai Naik Atau Uang Kembali, dengan catatan menyelesaikan setidaknya 80 persen progress belajar,” jelas Fernando Uffie kepada Beritasatu.com, di sela acara buka puasa bersama media, di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Menurut Uffie, keberanian Extramarks Indonesia meluncurkan program MBG tidak lepas dari pengintegrasian ekosistem Kelas Pintar yang melibatkan murid, orang tua, guru, mentor, dan sekolah untuk berperan aktif dalam proses belajar anak.

Memanfaatkan teknologi Big Data, solusi Kelas Pintar tidak hanya lengkap secara materi dan cara penyajiannya (visual, audio, kinesthetic) tapi juga tercatat dan dapat dimonitor secara real-time. Monitoring proses belajar anak bahkan bisa dilakukan melalui laptop, tablet maupun smartphone, karena dapat digunakan pada aplikasi berbasis Android, sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

"Tidak hanya untuk menjamin kenaikan nilai, fitur monitoring ini memberikan kemampuan untuk memahami pola belajar dan minat anak, hingga dapat memprediksi tingkat keberhasilan. Hal ini menjadikan orang tua, guru, atau sekolah bisa menyiapkan langkah tepat untuk anak. Lebih jauh lagi, peruntukkannya bisa sampai ke personalized learning," papar Uffie.

Menurut Uffie, solusi yang ditawarkan Extramarks sesuai dengan tren global dunia pendidikan yang mengarah pada big data analysis. Dimana institusi pendidikan, para pengajar, dan stake holder lainnya bisa mengolah dan memanfaatkan data, tidak hanya untuk pengembangan pendidikan itu sendiri tetapi juga untuk memahami siswa secara lebih dalam, mulai dari tingkat serapan, bidang ilmu yang disukai, hingga metode belajar yang sesuai dengan karakternya.

"Inilah yang diimplementasikan di Kelas Pintar. Melalui fitur monitoring, proses belajar peserta didik bisa dipantau langsung dari menu Progress Anak Anda yang ada di dashboard Kelas Pintar. Di menu tersebut, orang tua, guru, maupun sekolah bisa memantau proses belajar anak, pada semua mata pelajaran dan aktivitas di setiap tahapan Learn, Practice, Test," tandas Uffie.

Hal tersebut diamini oleh Donna Agnesia. Ibu dari tiga orang anak yang juga berprofesi sebagai pekerja seni ini merasakan bahwa fitur monitoring proses belajar anak di Kelas Pintar membantunya untuk mengenali karakter belajar dari masing-masing anaknya, sekaligus mengetahui kendala yang muncul dalam proses belajar anak.

"Manfaat penting dari fitur ini adalah saya sebagai orang tua murid bisa menyiapkan langkah preventif untuk meminimalisir kegagalan anak di sekolah. Karena saya bisa secara langsung memantau proses belajar, dan mengetahui kesulitan belajar mereka. Dan yang tak kalah pentingnya, saya jadi tahu karakter belajar dari masing-masing anak," kata Donna Agnesia.



Sumber: BeritaSatu.com