Sofyan Basir Mundur dari Jabatan Dirut PLN

Sofyan Basir Mundur dari Jabatan Dirut PLN
Direktur Utama PT PLN nonaktif Sofyan Basir menggunakan rompi tahanan berada di dalam mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin, 27 Mei 2019. ( Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar )
Rangga Prakoso / JAS Rabu, 29 Mei 2019 | 12:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sofyan Basir mengundurkan diri sebagai Direktur Utama PT PLN (persero). Sikap tersebut seiring dengan penetapan statusnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi PLTU Riau-1. Namun hingga kini belum ada sosok yang ditetapkan sebagai penggantinya. Posisi Direktur Utama diisi oleh Pelaksana Tugas.

Plh. Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN Dwi Suryo Abdullah membenarkan adanya pengunduran diri tersebut. Hanya saja dia enggan membeberkan lebih rinci perihal pengunduran diri itu. "Sebelumnya Bapak Sofyan Basir telah mengajukan pengunduran diri dan diterima oleh RUPS," kata Dwi di Jakarta, Rabu (29/5/2019)

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN digelar hari ini di kantor Kementerian BUMN. Dalam rapat tersebut ditetapkan Djoko Raharjo Abumanan sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN. Djoko sebelumnya menjabat Direktur Bisnis Regional Jawa Bali dan Nusa Tenggara.

Surat Keputusan diberikan oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah. Selain pengangkatan Plt Dirut PLN, RUPS pun melakukan sejumlah perombakan. Djoko Abumanan juga ditetapkan sebagai Direktur Pengadaan Strategis dua.

Sementara itu untuk posisi Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Nusa Tenggara digantikan oleh Supangkat Iwan Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis Dua. RUPS juga mengangkat dan menetapkan Sripeni Inten Cahyani sebagai Direktur Pengadaan Strategis Satu.



Sumber: BeritaSatu.com