Ribuan ASN Pemprov Bengkulu Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Ribuan ASN Pemprov Bengkulu Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila
Ilustrasi aparatur sipil negara. ( Foto: Antara )
Usmin / JAS Sabtu, 1 Juni 2019 | 15:26 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Bengkulu, dengan hidmat mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di halaman Kantor Gubernur Bengkulu, Sabtu (1/6/2019) pagi.

Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini selain diikuti ribuan ASN juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu.

Gubernur Bengkulu berharap momentum peringatan Hari Lahir Pancasila akan menjadi peneguh bagi ideolagi Pancasila sebagai ideologi bangsa dan selalu merekat dalam hari sanubari masyarakat Indonesia.

"Momentum peringatan Hari Lahir Pancasila yang kita laksanakan pada bulan Ramadan ini akan menjadi penyemangat dan peneguh Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia," ujarnya.

Hal senada diungkapkan anggota DPD-RI asal Bengkulu, Ahmad Kanedy. Ia menyeruhkan agar momentum peringatan Hati Lahir Pancasila dapat dijadikan sebagai sarana mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Peringatan hari Lahir Pancasila kita jadikan untuk memperkuat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, diatas keanekaragam budaya, bahasa, adat istiadat dan kearifan lokal lainnya," ujarnya.

Mantan Wali Kota Bengkulu ini mengajak generasi muda daerah ini untuk berkarya. Sebab, karya anak negeri dinanti oleh Ibu Pertiwi. 'Sebagai anak bangsa, khususnya para pemuda untuk berkarya karena sekecil apapun karya akan dinanti Ibu Pertiwi," ujarnya.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Ahmad Kanedi menggelar Deklarasi Yayasan Pusaka Merajut Nusantara di Rumah Fatmawati Kota Bengkulu, Sabtu (1/6/2019) siang.

Anggota DPD dapil Bengkulu yang kembali terpilih hasil Pemilu 17 April 2019 tersebut, berharap Kota Bengkulu ke depan akan menjadi pusat pendidikan kebangsaan dan destinasi wisata sejarah kebangsaan.

"Nilai-nilai luhur kebangsaan harus terus diwariskan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa, sehingga mereka akan selalu cinta Tanah Air," ujarnya.

Dari pantuan SP, meski sebagian besar ANS Pemprov Bengkulu dalam keadaan berpuasa, tapi mereka tetap antusias dan khidmat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 di halaman kantor Gubernur Bengkulu.

Usai upacara para ANS Pemprov Bengkulu, kembali ke rumah masing-masing. "Saya hari ini seharusnya mudik Lebaran ke kampung halaman di Sumsel, tapi karena wajib mengikuti ucapara Hari Kesaktian Pancasila berangkat mudik saya undur menjadi Minggu (2/6)," kata Asman (37), seorang ASN Pemprov Bengkulu.

Asman mengajak seluruh ASN di Bengkulu, untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam menjakankan tugas sebagai abdi negara akan terhindar dari kesalahan dan tidak melakukan korupsi.



Sumber: Suara Pembaruan