Puncak Arus Mudik di Merak Diprediksi 2 Juni

Puncak Arus Mudik di Merak Diprediksi 2 Juni
Sejumlah kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre masuk kapal feri di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, 25 Mei 2019. ( Foto: ANTARA FOTO / Asep Fathulrahman )
Thresa Sandra Desfika / FER Sabtu, 1 Juni 2019 | 15:39 WIB

Merak, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek, memantau pergerakan arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/6/2019).

Usai melakukan peninjauan dan pemantauan, Menhub mengatakan, puncak arus mudik di Merak akan terjadi pada H-3 atau Minggu (2/6/2019).

"Memang terjadi peningkatan penumpang di Pelabuhan Merak. Kita berbahagia karena liburnya cukup lama, jadi pergerakan pemudik tersebar sejak tiga hari lalu. Kami harapkan tidak ada lonjakan yang melebihi kapasitas, dengan begitu pemudik bisa mendapatkan layanan yang baik. Untuk puncak mudik di sini kelihatannya H-3 akan lebih padat," ucap Menhub.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Menhub mengatakan, sudah bekerja sama dengan Polda dan Pemda Banten. Ia juga meminta agar proses masuknya kendaraan untuk dipercepat.

"Kita kerja sama dengan Kapolda dan Pemda Banten dan kita antisipasi sejak Cikupa. Sistem proses masuknya kendaraan juga akan dipercepat. Apabila ada masyarakat yang tidak punya pembayaran dengan elektronik, bisa masuk dengan sistem manual,” tambah Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Menko PMK, Puan Maharani, menyampaikan rasa kagumnya akan lancarnya mudik di Pelabuhan Merak. Ia juga menyatakan penumpang tidak keberatan dengan tarif kapal yang ditentukan.

"Mulai H-5 hingga hari ini semuanya berjalan baik dan lancar. Pos kesehatan standby. Lalu lintas terkendali, ketertiban menuju kapal juga bisa berjalan dengan baik. Tadi sempat bicara dengan penumpang mereka menyampaikan bahwa tiket untuk penyeberangan dengan kapal eksekutif dengan harga Rp 50.000 cukup terjangkau, dengan fasilitas yang bagus. Mereka merasa nyamanan dan merasa mudik tahun ini menjadi lebih baik," ujar Puan.

Sementara itu, Menkes, Nila F. Moeloek menyampaikan, Kementeriannya mendukung mudik di Pelabuhan Merak dengan mendirikan posko-posko kesehatan yang siap membantu para pemudik.

"Kita dukung dalam hal ini ada beberapa posko kesehatan dengan tetap ada yang jaga dokter, perawat, ambulans kita siapkan. Ada posko 7 di sini karena lalu lintas cukup besar," tandas Menkes.



Sumber: BeritaSatu.com