Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kota Jambi Naik

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kota Jambi Naik
Gubernur Jambi, Fachrori Umar (kiri) didampingi Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS (dua dari kiri) meninjau harga daging dan kebutuhan pokok di pasar induk Angso Duo, Kota Jambi, H-3 Lebaran, Minggu (2/6/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Radesmann Saragih )
Radesman Saragih / FER Minggu, 2 Juni 2019 | 21:29 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Harga daging sapi di pasar induk Angso Duo, Kota Jambi mencapai Rp 120.000 per kilogram (kg) memasuki H-3 Lebaran. Harga tersebut naik sekitar Rp 10.000/kg dibandingkan harga daging sapi di pasar terbesar di Kota Jambi itu pekan lalu sebesar Rp 110.000/kg.

Gubernur Jambi, Fachrori Umar, mengatakan, kenaikan harga daging dan beberapa kebutuhan pokok di Jambi masih dalam batas normal. Lonjakan harga yang disertai dengan kelangkaan persediaan daging dan kebutuhan pokok di pasar Kota Jambi tidak terjadi. Untuk harga dan persediaan kebutuhan pokok terus dipantau hingga H-1 Lebaran.

"Satgas Pangan Provinsi Jambi yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi dan Bulog Jambi terus berupaya mengendalikan harga kebutuhan pokok melalui pemantauan harga dan persediaan di pasar setiap hari," ujar Fachrori Umar saat meninjau harga kebutuhan pokok di pasar Angso Duo, Kota Jambi, Minggu (2/6/2019).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, HM Dianto, mengatakan, mengantisipasi terjadinya kenaikan harga yang tinggi pada komoditi pangan, Pemprov Jambi bersama Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi menyediakan cold storage (fasilitas pendingin). Cold storage tersebut akan digunakan untuk penyimpanan daging beku, cabai merah dan bahan pangan lainnya.

"Cold storage bermanfaat menjamin ketersediaan pasokan daging beku, cabai dan kebutuhan pokok lainnya. Dengan demikian harga bisa dikendalikan. Jika harga naik tajam dan persediaan di pasaran menipis, pasokan daging beku dan cabai bias langsung didistribusikan ke pasar-pasar," ujar Dianto.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah, menambahkan, kenaikan harga daging sapi dan berbagai kebutuhan pokok di Kota Jambi disebabkan meningkatnya permintaan tiga hari menjelang Lebaran atau Idul Fitri 1440 Hijriyah. Kendati harga daging sapi dan beberapa jenis kebutuhan pokok di kota itu naik, namun persediaan di pasaran mencukupi.

"Kenaikan harga daging sapi dan beberapa jenis kebutuhan pokok di Kota Jambi naik beberapa hari terakhir. Harga daging sapi naik dari Rp 110.000/kg pekan lalu menjadi Rp 120.000/kg. Kemudian, harga daging ayam naik dari Rp 32.000/kg menjadi Rp 33.000/kg. Kenaikan harga daging tersebut diperkirakan masih terjadi hingga memasuki H-1 Lebaran," ujar Ariansyah.

Ariansyah menambahkan, beberapa harga kebutuhan pokok lain di Kota Jambi juga terus mengalami kenaikan tiga hari menjelang Lebaran di Kota Jambi. Harga telur ayam ras naik dari Rp 1.200/butir menjadi Rp 1.300/butir. Harga bawang putih di kota itu naik dari Rp 28.000/kg pekan lalu menjadi Rp 32.000/kg, Minggu (2/6). Harga bawang merah naik dari Rp 25.000/kg menjadi Rp 28.000/kg. Sedangkan harga cabai merah keriting naik dari Rp 28.000/kg menjadi Rp 50.000/kg.



Sumber: Suara Pembaruan