Hikmah Idulfitri, Ketua DPR Ajak Semua Elemen Bangsa Rajut Persatuan

Hikmah Idulfitri, Ketua DPR Ajak Semua Elemen Bangsa Rajut Persatuan
Ketua DPR Bambang Soesatyo ( Foto: Beritasatu TV )
Yustinus Paat / WM Selasa, 4 Juni 2019 | 23:33 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat menghayati hikmah Idulfitri 1 Syawal 1440 H. Bamsoet berharap Idulfitri dijadikan momentum untuk merajut dan memperkokoh persatuan demi terwujudnya harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebagai puncak dari sebulan penuh melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan, hikmah Idulfitri menjadi landasan yang sangat kuat untuk mewujudkan semua niat baik," ujar Bamsoet, kepada Beritasatu.com, Selasa (4/6).

Dorongan dan semangat pengendalian diri selama ibadah Puasa Ramadan, kata Bamsoet, adalah upaya bersama untuk kembali ke fitrah. Upaya itu akan menjadi nyata jika ada kemauan bersama untuk menyudahi amarah dan mengakhiri kebencian

"Yang terpenting juga adalah membangun kesadaran bersama akan hakikat dan pentingnya merajut persatuan dan kesatuan demi terwujudnya harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Lebih lanjut, Bamsoet mengungkapkan, menghayati hikmah Idulfitri dalam konteks hari-hari ini sangat relevan karena sudah cukup lama masyarakat menghadapi sejumlah ekses akibat perbedaan pilihan politik. Perbedaan itu tak jarang diaktualisasikan dengan cara yang ekstrim, seperti kemarahan dan sikap membenci. Kecenderungan itu menyebabkan masyarakat nyaris terkotak-kotak.

‘’Saya yakin dan percaya bahwa kecenderungan itu telah menjadi bahan renungan bersama selama kita melaksanakan ibadah puasa Ramadan tahun ini. Dan, saya yakin pula bahwa kita bersama tidak ingin kecenderungan itu berlarut-larut,’’ katanya.

Menurut Bamsoet, harus ada semangat dan kemauan bersama untuk mengakhiri semua itu. Karena itulah, dia mengajak semua elemen masyarakat menghayati hikmah Idulfitri, dan menjadikannya sebagai momentum merajut persatuan dan kesatuan, demi terwujudnya harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Masyarakat juga telah menunjukan semangat dan niat yang tulus untuk peduli pada sesama yang berkekurangan, yang diekspresikan dengan berzakat dan sedekah. Kepedulian itu sejatinya menjadi sumber kekuatan bersama untuk memulihkan persatuan dan kesatuan. Saya berharap Ibadah Puasa Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1440 H menginspirasi semua putra-putri bangsa untuk bertekad menjadikan Indonesia semakin baik dari hari ke hari,’’ katanya.



Sumber: BeritaSatu.com