Gubernur Papua Barat Terima Penghargaan sebagai Pahlawan Konservasi Global

Gubernur Papua Barat Terima Penghargaan sebagai Pahlawan Konservasi Global
Dominggus Mandacan. ( Foto: Antara )
Robert Isidorus / JEM Rabu, 12 Juni 2019 | 08:12 WIB

Jayapura, Beritsatu.com - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, menerima penghargaan sebagai “Pahlawan Konservasi Global” karena komitmennya yang sangat tinggi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Penghargaan diberikan oleh Concervation International (CI) di Kota Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS), Sabtu (8/6/2019).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemprov Papua Barat, Charlie D Heatubun mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan dunia internasional terhadap Pemerintah Provinsi Papua Barat yang telah terbukti menjaga hutan dan laut secara berkesinambungan dan ramah lingkungan.

“Serta juga terbukti menjamin hak-hak dasar Orang Asli Papua (OAP) dengan pendekatan pembangunan berkelanjutan yang ramah akan lingkungan,” kata Charlie D Heatubun melalui rilisnya, Selasa (11/6/2019).

Dikatakan, Gubernur Papua Barat bersama-sama DPR Papua Barat dan para pihak lainnya telah mengesahkan peraturan daerah khusus (perdasus) tentang pembangunan berkelanjutan yang mengedepankan prinsip pembangunan yang ramah akan lingkungan di Provinsi Papua Barat.

Melalui perdasus ini, kata Charlie D Heatubun, Provinsi Papua Barat telah dikenal sebagai provinsi konservasi. “Sebab minimal 70 persen area hutan dan ekosistem dilindungi dan dikelola secara berkelanjutan. Perdasus itu juga sekaligus sebagai 'Deklarasi Manokwari' dalam komitmen melestarikan sumber daya alam dan lingkungan,” katanya.



Sumber: Suara Pembaruan