Pansel Minta Capim KPK Kuasai Penanganan TPPU

Pansel Minta Capim KPK Kuasai Penanganan TPPU
Anggota pansel calon pimpinan KPK 2019 ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Rabu, 12 Juni 2019 | 17:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan salah satu kriteria calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

Ketua Tim Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih mengatakan bahwa pihaknya akan mencari calon pimpinan KPK yang juga terfokus dalam penanganan dalam memberantas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"TPPU-nya masih lemah, kan, itu pasti kita akan cari yang penanganan TPPU-nya," kata Yenti usai bertemu dengan pimpinan KPK di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

Penanganan TPPU menjadi sorotan tim Pansel usai bertemu dengan pimpinan KPK.

Tim pansel juga akan mengevaluasi dari sisi kinerja KPK saat ini untuk menjadi bahan pencarian pimpinan KPK periode 2019-2023.

"Kami ke sini minta masukan berkaitan dengan kinerja KPK sekarang dan KPK yang diharapkan 4 tahun ke depan, kita bicarakan keberhasilannya seperti apa dan kendalanya seperti apa selama ini," ujar Yenti.

Menurut Yenti, timsel akan memastikan bahwa calon pimpinan KPK tidak terkait dengan perkara yang sedang ditangani KPK.

"Kita juga minta bantuan untuk record tracking atau rekam jejak, jadi nanti kalau kita umumkan nama-nama yang lolos seleksi administrasi dimana KPK tahu bahwa orang tersebut ada kaitannya dengan perkara yang sedang mereka tangani agar memberitahukan kepada kami sehingga kami tidak akan melanjutkan seleksi mereka," imbuh Yenti.



Sumber: BeritaSatu TV