Komisi III Cermati Permintaan Tambahan Anggaran KPK dan BNN

Komisi III Cermati Permintaan Tambahan Anggaran KPK dan BNN
Arteria Dahlan. ( Foto: Istimewa )
Hotman Siregar / JAS Kamis, 13 Juni 2019 | 16:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan mengatakan, secara prinsip pihaknya memahami suasana kebatinan dan alasan institusi Komisi Pemberantasan Korupi (KPK) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memohon penambahan anggaran. Namun Arteria menegaskan pihaknya akan mencermati dan mengevaluasi permintaan tersebut.

DPR dalam konteks pelaksanakan fungsi budgeting dalam kerangka dan wujud daulat rakyat sepenuhnya mendukung setiap kementerian/lembaga tidak terkecuali KPK dan BNN di dalam melakukan tata kelola dan penetapan kebijakan politik anggarannya.

"Prinsipnya politik anggaran termasuk usulan tambahan anggaran yang nantinya apabila diberikan semata dalam rangka menjaga muruah dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi KPK dan BNN. Tentu dengan tetap mengedepankan efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan kemanfaatannya bagi masyarakat," ujar Arteria Dahlan di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Walau demikian, kata Politisi PDIP itu, Komisi III akan tetap melakukan pencermatan dan evaluasi mendalam atas permintaan tambahan anggaran itu.

"Termasuk meminta rincian program (satuan tiga) sebagaimana diatur dlm Pasal 227 UU agar dapat dijadikan bahan evaluasi guna memastikan rencana kegiatan lebih baik lagi ke depan," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan