Kapolda Sumut: TNI-Polri Siap Amankan Sidang Sengketa Pilpres

Kapolda Sumut: TNI-Polri Siap Amankan Sidang Sengketa Pilpres
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto bersama Pangdam I Bukit Barisan memantau situasi keamanan sejumlah TPS di Medan, Rabu 17 April 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / FER Kamis, 13 Juni 2019 | 17:49 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol Agus Andrianto, mengatakan, TNI dan Polri sudah siap untuk melakukan pengamanan sidang sengketa pemilihan presiden (Pilpres) selama berjalan di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sumut akan dilibatkan dalam persidangan lewat video conference di salah satu perguruan tinggi di Sumut. Oleh karena itu, kita semua menyatakan kesiapan dalam melakukan pengamanan itu," ujar Kapolda Sumut di Lapangan Benteng Medan, Kamis (13/6).

Kapolda mengharapkan, tidak ada masyarakat dalam jumlah besar dari daerah ini, maupun secara berkelompok yang berangkat ke Jakarta, khusus untuk menghadiri sidang sengketa pemilihan presiden (Pilpres) di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

"Lebih baik masyarakat menjaga ketertiban dan tidak melakukan aksi unjuk rasa selama proses sidang sengketa pemilu itu sedang berlangsung. Lagi pula, Pak Prabowo Subianto juga sudah meminta pendukungnya supaya tetap tenang," ujar Kapolda Sumut.

Menurut Kapolda, sengketa pilpres sebaiknya dipercayakan ditangani secara prosedur hukum, yang proses persidangannya oleh MK. Masyarakat maupun para pendukung pasangan calon presiden, sebaiknya tetap tenang serta mengutamakan ketertiban, kenyamanan, aman dan damai di masyarakat.



Sumber: Suara Pembaruan