Dow Dorong Upaya Pemilahan Sampah Sejak dari Rumah

Dow Dorong Upaya Pemilahan Sampah Sejak dari Rumah
Kampanye pengurangan sampah plastik. ( Foto: Antara )
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 9 Mei 2019 | 13:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Berbagai jenis sampah, terutama dari plastik, yang tidak dikelola dengan baik dan benar sangat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia. Kesadaran akan bahaya sampah plastik tersebut harus ditanamkan sejak dini, terutama pada anak-anak dan remaja.

Dow Indonesia bekerja sama dengan Waste4Change, mengadakan kegiatan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) Innovation DOW, yaitu program atau kegiatan yang mengedukasi sekolah-sekolah di wilayah Jakarta mengenai pentingnya memelihara lingkungan dan mengelola sampah yang ada disekitar mereka. Program yang dimulai sejak November 2018 dan masih berlangsung hingga saat ini, diharapkan dapat masuk ke kurikulum sekolah.

Daur ulang sampah plastik

Business Development PT Dow Indonesia, Donny C Ariefianto, mengatakan, kesadaran akan bahaya sampah plastik itu perlu ditanamkan sejak dini. Jika dilakukan dengan serius, kebiasaan menggunakan plastik tentunya akan sangat selektif karena menyadari bahayanya.

"Untuk itulah, kami menginisiasi kegiatan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) Innovation DOW sebagai kegiatan yang mengedukasi sekolah-sekolah di wilayah Jakarta mengenai pentingnya memelihara lingkungan dan mengelola sampah yang ada disekitar,” ujar Donny, dalam wawancara khusus dengan Beritasatu.com, di Jakarta, belum lama ini.

Donny mengatakan, program yang bekerja sama dengan Waste4Change dan melibatkan sekitar 300 pelajar ini, merupakan sarana memberikan pendidikan, pembelajaran, dan pemahaman bagi generasi muda tentang ekosistem dan model pengelolaan sampah yang baik.

"Saat ini, kami telah membuat rencana aksi kampanye pendidikan 3R Innovation DOW dengan mengintegrasikan inisiatif dan kegiatan yang diharapkan dapat berkontribusi konsep ekonomi berkelanjutan (circular economy)," jelas Donny.

Donny menambahkan, mengubah persepsi dan kebiasaan masyarakat khususnya generasi muda mengenai sampah, merupakan hal yang penting. Perlu disadari bersama, kunci dari bernilai atau tidaknya sampah terletak pada pemilahan yang tepat.

"Lewat pemilahan sampah yang dimulai dari sekitar tempat tinggal, hal tersebut dapat berkontribusi besar bagi lingkungan. Sayangnya, perilaku memilah sampah masyarakat Indonesia masih rendah. Untuk bersama-sama memperbaiki kondisi ini, kami percaya partisipasi masyarakat untuk mulai aktif memilah sampah harus terus didorong," tandas Donny.

Account Manager PT Dow Indonesia, Dono Christanto, menambahkan, pihaknya juga tengah menyiapkan sejumlah program lain yang berkaitan dengan upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam memilah sampah.

"Salah satunya, kami telah memulai pembicaraan untuk melakukan pemilahan sampah di berbagai gedung tinggi. Program ini, akan bekerja sama dengan operator gedung atau estate manajemen di Jakarta. Saat ini, yang sudah berlangsung adalah program pemilahan sampah di gedung tinggi dengan Group Mulia dan Jakarta Land," pungkas Dono.



Sumber: BeritaSatu.com