Pemkab Lebong Usulkan ke Kementerian PAN RB Terima 1.008 CPNS dan PPPK

Pemkab Lebong Usulkan ke Kementerian PAN RB Terima 1.008 CPNS dan PPPK
Ilustrasi CPNS. ( Foto: dok. beritasatu.com )
Usmin / JEM Senin, 17 Juni 2019 | 16:15 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, Bengkulu, mengusulkan ke Kementerian PAN RB untuk merekrut sebanyak 1.008 orang Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada formasi penerimaan pegawai tahun 2019.

"Kita telah mengusulkan ke Kemenpan RB di Jakarta untuk merekrut sebanyak 1.008 orang CPNS dan PPPK pada formasi penerimaan 2019 ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Mutasi, Pengadaan Pegawai dan Informasi, Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, Ahmad Ropik, di Bengkulu, Senin (17/6/2019).

Ia mengatakan, jumlah CPNS dan PPPK yang akan diterima Pemkab Lebong pada tahun 2019 sebanyak 1.008 orang itum, berdasarkan usulan yang disampaikan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup pemkab setempat ke BKPSDM daerah ini.

Data kebutuhan pegawai baru di Pemkab Lebong tersebut, sudah disampaikan ke Kemenparan RB pada bulan April lalu. "Kita berharap usulan kebutuhan CPNS dan PPPK di Lebong ini dapat direalisasikan 100 persen oleh Kemenpan RB," ujarnya.

Dengan demikian, kekurangan pegawai ditingkat kelurahan, kecamatan dan sejumlah OPD dilingkup Pemkab Lebong dapat diatasi dengan baik, sehingga pelayanan publik di daerahini semakin baik ke depan.

Rofik merincikan kebutuhan ASN yang diusulkan Pemkab Lebong ke Kemenpan RB, antara lain, jabatan pimpinan tinggi dan administrasi sebanyak 24 orang, jabatan pelaksana (fungsional umum) sebanyak 463 orang, jabatan fungsional (non guru dan kesehatan) sebanyak 137 orang, tenaga guru sebanyak 146 orang dan tenaga kesehatan sebanyak 238 orang.

Namun, pada bulan Mei lalu ada perubahan dalam pengusulan pengadaan pegawai. Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenpan-RB No: B/617/M.SM.0100/2019 perihal pengadaan ASN tahun 2019. Dalam surat edaran itu disebutkan untuk perekrutan pegawai tahun 2019, setiap daerah mengusulakn sebanyak 70 persen untuk PPPK dan 30 persen CPNS dari total yang usulkan.

Dengan demikian, dari 1.008 orang yang diusulkan ke Kemenpan RB itu, sekitar 70 persen untuk PPPK dan 30 persen untuk CPNS. "Data usulan penerimaan pegawai ini segera kita sampaikan ke Kemenpan RB di Jakarta," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan