KPU Usulkan Anggaran Pilgub Bengkulu Rp 113 Miliar

KPU Usulkan Anggaran Pilgub Bengkulu Rp 113 Miliar
Ilustrasi Pilkada ( Foto: Beritasatu.com )
Usmin / JAS Selasa, 18 Juni 2019 | 07:09 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, telah mengusulkan anggaran pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2020 ke Pemprov Bengkulu sebesar Rp 113 miliar.

"Kita sudah mengusulkan anggaran pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tahun 2020 melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Bengkulu, sebesar Rp 113 miliar untuk disahkan pada APBD 2020 mendatang," kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, di Bengkulu, Senin (17/6/2019).

Ia mengatakan, anggaran Pilgub 2020 yang diajukan KPU ke Pemprov Bengkulu itu naik Rp 3 miliar dari anggaran Pilgub tahun 2015 lalu sebesar Rp 110 miliar.

Kenaikan ini terjadi karena disesuaikan dengan harga yang berlaku saat ini. "Anggaran Pilgub Bengkulu 2020 terjadi kenaikan sekitar Rp 3 miliar dari Pilgub 2015 lalu. Kita berharap usulan kebutuhan dana pilkada ini dapat disetujui Pemprov Bengkulu," ujarnya.

Dana pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tahun 2020 yang diajukan KPU ke Pemprov Bengkulu sebesar Rp 113 miliar tersebut, dalam bentuk dana hibah. Namun, sumber dananya tetap dari APBD Provinsi Bengkulu.

"Kita berharap besaran anggaran pilkada yang kita ajukan ke Pemprov Bengkulu, dapat disetujui dalam APBD 2020 mendatang, sehingga KPU provinsi dapat menggelar pilkada seretak sesuai jadwal yang ditetapkan KPU Pusat," tambah Irwan.

Pada tahun 2020 di Bengkulu, kata Irwan, selain Pilgub Bengkulu juga ada delapan kabupaten di daerah ini yang akan menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati. Kedelapan kabupaten itu adalah Bengkulu Utara, Seluma, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kaur, Mukomuko, Lebong, dan Kabupaten Kepahiang.

"Masa jabatan bupati dan wakil bupati di delapan kabupaten akan berakhir pada tahun 2020, sehingga pilkadanya akan digelar serentak bersama dengan Pilgub. Karena itu, kita sudah mengajukan anggaran pilkada di APBD 2020," ujarnya.

Menerima Usulan

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti mengatakan, pihaknya sudah menerima usulan anggaran Pilgub 2020 dari KPU provinsi setempat sebesar Rp 113 miliar.

"Usulan kebutuhan anggaran Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Bengkulu tahun 2020, sudah kita terima dari KPU daerah ini. Kita akan pelajari dulu usulkan KPU tersebut, dan kita bahas bersama TAPD Pemprov Bengkulu," ujarnya.

Pemprov Bengkulu, kata Nopian Andusti juga akan berkoordinasi dengan Kemendagri soal pemberian dana hibah untuk kebutuhan pilkada 2020 mendatang. "Kita akan melapor dan minta petunjuk dari Mendagri soal dana Pilgub Bengkulu yang diajukan KPU ke Pemprov Bengkulu," ujarnya.

Hal ini dilakukan agar pemberian dana hibah untuk kebutuhan Pilgub Bengkulu 2020, tidak menyalahi aturan dan bermasalah di kemudian hari. "Yang jelas, Pemprov Bengkulu, siap menganggarkan dana Pilkada 2020 di APBD setempat dan besarnya sesuai kebutuhan," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan