Tiga Napi yang Kabur dari Rutan Sungaipenuh Tertangkap di Riau

Tiga Napi yang Kabur dari Rutan Sungaipenuh Tertangkap di Riau
ilustrasi ( Foto: istimewa )
Radesman Saragih / JAS Rabu, 19 Juni 2019 | 08:47 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Tiga dari empat narapidana (napi) yang kabur dari rumah tahanan (Rutan) Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi berhasil ditangkap kembali. Ketiga orang napi tersebut ditangkap di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Dua napi, Syafrizal (35) dan Rahmat Dani (24) ditangkap tanpa perlawanan. Sedangkan seorang napi lainnya, Mike Putra Wijaya (37) terpaksa ditembak karena berupaya melarikan diri ketika disergap polisi. Kemudian seorang napi lainnya, Hermanto Piton (24) masih terus diburu.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Ajun Komisaris Besar Polisi ( AKBP) M Edi Faryadi di Jambi, Rabu (19/6/2019) menjelaskan, penangkapan tiga orang napi yang kabur dari Rutan Sungaipenuh, Jambi itu dilakukan satuan gabungan Reskrim Polda Jambi, Polres Kerinci, dan Polres Bengkalis, Riau.

“Ketiga napi tersebut berhasil disergap di tempat persembunyian mereka di Wisma Diana, Jalan Jenderal Sudirman, Pasar Suka Ramai, Bengkalis Kota, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Senin (17/6/2019) sore. Setelah tertangkap ketiga tersangka langsung digelandang ke Polres Kerinci dan tiba di Kerinci, Selasa (18/6/2019),”katanya.

Dijelaskan, ketiga napi yang kabur dari Rutan Kota Sungaipenuh, tersebut diketahui kabur ke Bengkalis, Riau karena seorang napi, yakni Syafrizal (35), berasal dari Desa Batu VIII, Kecamatan Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir Riau. Syafrial kabur ke Bengkalis bersama napi Rahmat Dani (24) dan Mike Putra Wijaya, warga Kota Sungaipenuh.

“Namun seorang napi lainnya yang kabur bersama tiga orang napi tersebut, Herman Piton, belum diketahui keberadaannya. Pencarian napi asal Kota Sungaipenuh penuh tersebut masih terus dilakukan,”katanya.

Sementara itu, Kapolres Kerinci, AKBP Dwi Mulyanto di Kerinci, Jambi, Selasa (18/6/2019) mengatakan, pihaknya masih memeriksa intensif tiga napi yang tertangkap di Bengkalis, Riau tersebut. Sedangkan pencarian terhadap seorang napi lainnya, Hermanto Piton masih terus dilakukan.

“Kami masih memintai keterangan tiga orang napi yang sudah tertangkap mengenai keberadaan Hermanto Piton. Berdasarkan informasi ketiga napi, Hermanto Piton juga diduga kabur kea rah Riau,”katanya.

Dijelaskan, empat napi Rutan Kota Sungaipenuh kabur Senin (10/6/2019). Tiga napi yang kabur dan tertangkap kembali di Bengkalis, Riau tersebut terlibat kasus narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba).



Sumber: Suara Pembaruan