PPDB di Kabupaten Kepahiang Digelar Awal Juli 2019

PPDB di Kabupaten Kepahiang Digelar Awal Juli 2019
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru. ( Foto: Antara )
Usmin / JEM Rabu, 19 Juni 2019 | 09:14 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) tahun ajaran 2019/2020 di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, baru akan dilaksanakan pihak sekolah pada 1 Juli mendatang.

"Pelaksanaan PPDB di Kepahiang, baru akan kita gelar pada 1 Juli mendatang, selama 10 hari sesuai jadwal yang ditetapkan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Bengkulu," kata Plt Kepala Disdikbud Kebupaten Kepahiang, Hartono kepada Suara Pembaruan di Bengkulu, Rabu (19/6/2019).

Ia mengatakan, pelaksanaan PPDB yang dimulai awal Juli tersebut, tidak hanya untuk tingkat SMA/SMK sederajat saja, tapi juga tingkat SD dan SMP. Sebab, penerimaan PPBD tahun ajaran 2019/2020 di Bengkulu, dilaksanakan secara serentak pada 1 Juli mendatang.

"Jika tidak ada aral melintang Kamis (20/6/2019), kita akan menggelar rapat untuk persiapan pelaksanaan PPBD tingkat SD,SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Kepahiang, yang akan dilaksanakan pada 1 Juli mendatang," ujarnya.

Pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK secara nasional dilaksanakan pada 17 Juni lalu, tapi di Bengkulu baru akan digelar pada 1 Juli mendatang. Hal ini terjadi karena pihak sekolah terlambat mendata jumlah siswa baru yang akan diterima di masing-masing sekolah dan jenjang pendidikan pada tahun ajaran 2019/2020 di daerah tersebut.

Namun, hal ini tidak menjadi masalah karena pelaksanaan PPDB di 9 kabupaten dan kota lainnya di Bengkulu, akan gelar pada 1 Juli mendatang. "Jadi, bukan Kepahiang saja yang menggelar PPDB pada 1 Juli, tapi kabupaten dan kota lainnya di daerah ini mengalami hal yang sama," ujarnya.

Hal senada diungkapkan salah seorang anggota Panitia PPDB tingkat SMA/SMK di Bengkulu, Trik. Ia mengatakan, pelaksanaan PPDB di sekolahnya baru akan dilakukan pada 1 Juli mendatang sesuai jadwal yang ditetapkan Disdiknas Bengkulu.

"Hari Kamis (20/6) lusa, kita baru menggelar rapat persiapan pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2019/2020. Sedangkan pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK di Bengkulu, akan digelar pada 1 Juli mendatang, selama 10 hari ke depan. Bagi siswa yang akan memasuki SMA/SMK silakan mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, sehingga begitu PPDB dibuka langsung mendaftar," ujarnya.

Trik menambahkan, pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK di Bengkulu, agak terlambat dibanding daerah lain yang telah mulai pada 17 Juni lalu, tapi keterlambatan ini tidak menjadi masalah karena siswa baru masuk sekolah pada akhir Juli mendatang.

"Jadi, kita mulai menerima PPDB tahun ajaran 2019/2020 pada awal Juli tidak masalah, karena masuk sekolahnya serentak pada akhir Juli mendatang. Keterlambatan ini tidak menganggu pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2019/2020 di daerah ini," ujarnya.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Diknas Bengkulu, Budiman Ismaun. Ia mengatakan, pelaksanaan PPDB pada awal Juli tidak akan menganggu jadwal masuk sekolah tahun ajaran baru 2019/2020 di daerah ini.

Pasalnya, waktu PPDB tingkat SMA/SMK di Bengkulu hanya 10 hari dan tingkat SD dan SMP selama 11 hari. Dengan demikian, proses administrasi bagi siswa baru masih ada waktu 14 hari atau dua minggu, sehingga tidak menganggu jadwal masuk sekolah tahun ajaran baru 2019/2020, katanya.

Budiman Ismaun kembali mengingatkan kepala sekolah agar tidak menerima siswa baru melebihi daya tampung kelas yang ada. Bagi sekolah yang melanggar imbauan Disdik Provinsi Bengkulu, akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan aturan yang ada.

"Kita akan pantau pelaksanaan PPDB baik tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK di Bengkulu dengan seksama dan jika ada sekolah yang melanggar aturan PPDB akan kita berikan sanksi tegas sesuai dengan hukum yang berlaku," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan