BMKG: Sejumlah Daerah Masih Berpotensi Hujan Lebat

BMKG: Sejumlah Daerah Masih Berpotensi Hujan Lebat
Ilustrasi hujan. ( Foto: Antara )
/ YUD Rabu, 19 Juni 2019 | 16:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini sejumlah wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau namun beberapa daerah juga masih berpotensi hujan lebat.

Informasi dari Kabag Humas BMKG Taufan Maulana di Jakarta, Rabu (19/6/2019) mengatakan, berdasarkan pengamatan BMKG, potensi hujan lebat masih akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia, hal ini disebabkan karena massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, sebagian besar Kalimantan sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal yang kuat dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, sebagian besar Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua.

Pada Kamis (20/6/2019) wilayah yang berpotensi hujan lebat diprediksi akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Papua.

Sedangkan untuk wilayah yang berpotensi hujan lebat yang disertai angin kencang, kilat/petir berpotensi terjadi di Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Maluku Utara.

Kondisi ini akan berlangsung sampai Jumat (21/6) BMKG memprediksi wilayah seperti Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Papua, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat dan Kalimantan Barat masih memiliki potensi terjadi hujan lebat, disertai kilat /petir dan angin kencang.

Untuk itu BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak yang ditimbulkan akibat hujan lebat karena dapat menyebabkan pohon tumbang, banjir, maupun genangan.



Sumber: ANTARA