Arus Mudik dan Arus Balik Lancar, Pemerintah Ucapkan Syukur

Arus Mudik dan Arus Balik Lancar, Pemerintah Ucapkan Syukur
Macet sepanjang 20 kilometer membuat pemudik yang kelelahan terpaksa beristirahat di bahu jalan.
Chairul Fikri / CAH Rabu, 19 Juni 2019 | 21:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Libur lebaran Idul Fitri 1440 H telah dilewati oleh sebagian masyarakat di Indonesia dengan pulang ke kampung halamannya. Untuk tahun ini, para pemudik makin di permudah dengan adanya pembangunan jalan tol yang menguhubungkan Jawa bagian barat hingga Jawa bagian timur. Selain itu, pembangunan jalan tol disebagian Pulau Sumatera menambah kemudahan masyarakat saat pulang kekampung halamannya.

Di samping itu kerja sama antar lembaga dan Instansi pemerintah serta pihak Kepolisian dengan Sandi Operasi Ketupat 2019 dalam mengatur pola rekayasa arus mudik dan balik selama liburan makin memperlancar aktivitas mudik tahun 2019 lalu. Hal itu terungkap saat rapat evaluasi pelaksanaan operasi ketupat 2019 antara pihak Kementerian Perhubungan, Kepolisian, Kementerian Kominfo dan sejumlah instansi pemerintah dengan sejumlah media dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB) yang digelar di Kantor Staf Presiden (KSP) di Gedung Bina Graha, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).

"Kita sebagai perwakilan Pemerintah mengucapkan rasa syukur bahwa libur lebaran Idul Fitri 1440 H dengan arus mudik dan arus balik berjalan lancar. Semua ini bisa berjalan lebih baik dari sebelumnya adalah berkat adanya kerjasama denagn sejumlah pihak, semuanya kami koordinasikan dan berjalan sangat baik," ungkap Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi.

Senada dengan Pihak Kementerian Perhubungan, Pihak Kepolisian yang diwakili Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengapresiasi kerjasama yang dilakukan beberapa instansi terkait liburan lebaran tahun ini. Selain itu, Pihak Kepolisian juga menyatakan rasa terimakasihnya kepada masyarakat yang telah mempercayakan pelaksanaan Operasi Ketupat 2019 sehingga bisa berjalan lancar termasuk penurun signifikan angka kecelakaan yang terjadi dalam musim mudik lebaran kemarin.

"Yang jelas Kepolisian Republik Indonesia mengapresiasi kerja sama yang dilaksanakan pemerintah dan masyarakat dengan mempercayakan pelaksanaan pengamanan Operasi Ketupat 2019 sehingga pelaksanaan arus mudik dan arus balik lebaran kemarin berjalan lancar. Terlebih untuk angka kecelakaan tahun ini juga menurun drastis hingga 65 persen dengan total 550 kejadian dari 1.593 kecelakaan, dengan jumlah korban jiwa menunjukan mengalami penurunan 63 persen, itu artinya kerjasama dan terjalin makin bersinergi dengan baik dan kedepan kita harap akan terus membaik," tandas AKBP Dhafi selaku Kasubag Dalops Korlantas Polri.

Dari hasil survei, keberhasilan penyelenggaraan mudik tahun ini juga menyatakan bahwa pelaksanaan arus mudik dan arus balik yang berjalan dengan baik ini justeru banyak mendapat apresiasi dari berbagai kalangan di masyarakat. Pemerintah sendiri terus berupaya untuk meningkatan pelayanan mudik dan memperbaiki kualitas jalan, transportasi serta kerjasama ditahun mendatang bisa berjalan tambah lancar sehingga momok mudik macet tidak terjadi lagi dimasa mendatang.



Sumber: BeritaSatu.com