Jelang Pilkada Serentak 2020, PDI-P Sumut Mulai Jaring Calon Bupati dan Wali Kota

Jelang Pilkada Serentak 2020, PDI-P Sumut Mulai Jaring Calon Bupati dan Wali Kota
Ilustrasi pilkada. ( Foto: Antara )
Arnold H Sianturi / JEM Kamis, 20 Juni 2019 | 13:00 WIB

Medan, Beritasatu.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sedang menjaring para bakal calon bupati dan wali kota yang akan mengikuti Pilkada Serentak 2020 di 23 kabupaten/kota di Provinsi Sumut.

"Survei-survei elektabilitas dan penjaringan bakal calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada Serentak 2020 sedang kami lakukan saat ini. Kami akan sangat selektif memilih calon yang benar-benar memiliki kemampuan membangun daerah," ujarKetua DPD PDI-P Sumut Japorman Saragih kepada Suara Pembaruan, Rabu (19/6/2019).

PDI-P Sumut, katanya, membuka kesempatan kepada semua kader yang ingin bertarung menjadi pemimpin daerah. “Namun setiap calon yang mendaftar akan diseleksi dengan ketat untuk mendapatkan kader yang benar-benar berkualitas sesuai kebutuhan rakyat,” katanya.

Terpisah, Komisioner KPU Sumut Divisi Sumber Daya Manusia, Mulia Banurea menyampaikan, tahapan pilkada serentak di 23 kabupaten/kota di Sumut, jika tak ada perubahan dalam peraturan KPU, dimulai September 2019.

"Saat ini, KPU sedang menyiapkan seluruh tahapan dan mekanisme pilkada serentak tersebut sesuai UU 10/2016 tentang Pilkada serta diperkuat dengan peraturan-peraturan KPU," ujar Mulia Banurea.

Untuk itu, KPU Sumut masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari KPU bagaimana tahapan-tahapan pilkada dilaksanakan.
Adapun kabupaten/kota di Sumut yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020 adalah Kota Medan, Binjai, Tanjung Balai, Sibolga, Gunung Sitoli, dan Pematangsiantar.

Kemudian Kabupaten Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Karo, Pakpak Bharat, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Nias, Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan.



Sumber: Suara Pembaruan