September, PKB Bengkulu Jaring Balon Gubernur dan Bupati untuk Pilkada 2020

September, PKB Bengkulu Jaring Balon Gubernur dan Bupati untuk Pilkada 2020
Ilustrasi pilkada. ( Foto: Beritasatu.com )
Usmin / JAS Jumat, 21 Juni 2019 | 13:26 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bengkulu, Herliardo mengatakan, pihaknya mulai melakukan penjaringan kandidat yang akan diusung di pemilihan gubernur (Pilgub) Bengkulu 2020 pada September mendatang.

"Kami melakukan penjaringan balon gubernur dan bupati yang akan kami usung pada Pilkada serentak 2020, akan disesuaikan dengan tahapan pilkada yang dilaksanakan oleh KPU, sekitar bulan September mendatang," kata Herliardo kepada Suara Pembaruan, di Bengkulu, Jumat (20/6/2019).

Ia mengatakan, PKB dalam menjaring kandidat balon gubernur dan bupati yang akan diusung pada Pilkada 2020, akan memprioritaskan peluang dan potensi bagi kandidat bersangkutan untuk terpilih pada pilkada tersebut.

"Syukur-syukur mereka berasal dari kader PKB sendiri, tapi bila datang dari non-kader tidak masalah. Yang penting, kadidat yang kita usung mampu memenangkan pilkada gubernur dan bupati di daerah tersebut," ujarnya.

Syarat kandidat balon gubernur dan bupati untuk bisa diusung PKB pada Pilkada serentak di Bengkulu tahun 2020 mendatang, harus mendaftar di PKB, ikut seleksi dan terpilih untuk didukungan pada pilkada tersebut.

"Jadi, bagi kandidat balon gubernur dan bupati yang tidak ikut seleksi dan mendaftar di PKB meski mendapat dukungan kuat dari masyarakat kita pastikan tidak akan diusung oleh partai pada Pilkada 2020 mendatang," ujarnya.

Hal senada diungkapkan pengurus partai lainnya, Sis Rahman. Ia mengatakan, partainya akan melakukan seleksi balon gubernur dan bupati yang akan diusung pada Pilkada 2020 mendatang secara selektif dan ketat.

Sebab, kandidat yang diusung partainya harus memiliki potensi besar untuk memenangkan pilkada. "Jadi, kandidat balon gubernur dan bupati yang kita usung nanti di Pilkada 2020 harus selektif dan harus memiliki potensi untuk menang," ujarnya.

Saat ini, pihaknya masih mempersiapkan pelaksanaan penjaringan kandidat balon gubernur dan bupati yang akan didukung pada Pilkada 2020 mendatang. Penjaringan kandidat balon gubernur dan bupati di Bengkulu, akan kita laksanakan pada September mendatang.

"Di Bengkulu, selain ada Pilgub juga ada pemilihan 8 bupati, yakni Bupati Lebong, Bengkulu Utara, Kaur, Seluma, Bengkulu Selatan, Kepahiang, Rejang Lebong, dan Mukomuko," ujarnya.

Partainya berupaya untuk memenangkan pilkada gubernur dan 8 bupati di Bengkulu pada 2020 mendatang. Karena itu, kandidat balon gubernur dan bupati yang akan didukung pada pilkada 2020 akan dilakukan secara cermat dan ketat.

Dengan demikian, kandidat yang diusung oleh partainya benar-benar mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat di Bengkulu, sehingga mampu memenangkan pertarungan di Pilkada 2020 mendatang.



Sumber: Suara Pembaruan