Bui Minimal 5 Tahun Ancam Tiga Tersangka Kebakaran Pabrik Korek Api

Bui Minimal 5 Tahun Ancam Tiga Tersangka Kebakaran Pabrik Korek Api
Warga mengerumuni lokasi rumah yang dijadikan pabrik pembuat korek gas (mancis) pasca kebakaran di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu (22/6/2019). ( Foto: Antara Foto / Septianda Perdana )
Farouk Arnaz / YUD Senin, 24 Juni 2019 | 18:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tiga orang yang jadi tersangka kasus kebakaran di pabrik pembuatan korek api gas di Desa Sambirejo kawasan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara terancam pidana berlapis.

Dalam kejadian tragis yang menelan 30 orang tewas terpanggang itu polisi masih mencari kemungkinan penambahan pasal dan juga tersangka tambahan.

“Terus dilakukan pemeriksaan saksi-saksi, baik saksi pemilik rumah, atas nama ibu SM, kemudian pengontrak rumah atas nama saudara B, dan ada tujuh saksi lain,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (24/6/2019).

Tiga tersangka dalam kasus ini adalah B (selaku manager sekaligus yang mengontrak rumah), L sebagai personalia, kemudian IW yang diduga sebagai pemilik.

“Sementara pelaku dijerat Pasal 359 KUHP jo Pasal 188 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun yakni sengaja menyebabkan terjadinya kebakaran,” tambahnya.

Penyidik akan berkoordinasi dengan dinas ketenagakerjaan dan KPAI setempat dalam rangka menjeratkan pasal baru yakni Pasal 359 KUHP yakni kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia dan 188 KUHP tentang masalah kelalaian menyebabkan kebakaran.

“Tidak tertutup kemungkinan juga nanti (kena pasal mempekerjakan anak) apabil dari keterangan para saksi hingga kalau bukti cukup mengarah ke sana,” pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com