KPU Ajukan Anggaran Pilkada Bengkulu Utara Rp 31 Miliar

KPU Ajukan Anggaran Pilkada Bengkulu Utara Rp 31 Miliar
Ilustrasi pilkada. ( Foto: Beritasatu.com )
Usmin / JAS Selasa, 25 Juni 2019 | 13:34 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Bengkulu Utara, Bengkulu telah mengajukan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang kepada pemkab setempat sebesar Rp 31 miliar.

"Kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bengkulu Utara pada tahun 2020, sudah kita sampaikan ke pemkab setempat sebesar Rp 31 miliar. Kita berharap dana yang kita ajukan dapat disetujui di APBD 2020 mendatang," kata Ketua KPU Bengkulu Utara, Roges Mawansyah, di Bengkulu, Selasa (25/6/2019).

Ia mengatakan, KPU Bengkulu Utara siap menggelar rapat dengan pemkab setempat untuk membahas anggaran Pilbup 2020, yang sudah diajukan pihaknya sebesar Rp 31 miliar.

"Kita siap rapat dengan Pemkab Bengkulu Utara untuk membahas kebutuhan anggaran Pilkada 2020 mendatang. Sebab, tahapan pilkada akan dimulai paling September 2019 mendatang, sehingga pembahasan anggaran mendesak dilaksanakan," ujarnya.

Anggaran pilkada 2020 yang diajukan pihaknya sebesar Rp 31 miliar, sudah sangat efisiensi sesuai dengan permintaan dari Pemkab Bengkulu Utara.

"Pemkab Bengkulu Utara minta KPU melakukan efisiensi anggaran dan mengurangi jumlah TPS dan sebagainya. Permintaan ini akan kita laksanakan," ujarnya.

Meski demikian, kata Roges pihaknya berharap dana pilkada yang diajukan pihaknya sebesar Rp 31 miliar dapat direalisasikan secara utuh di APBD 2020 oleh Pemkab Bengkulu Utara, sehingga pelaksanaan pilkada di daerah ini dapat berjalan lancar, aman dan sukses sesuai yang diharapkan.

"Kita belum tahu berapa besar dana sharing pilkada dari APBN, tapi kita berharap dana bantuan hibah dari Pemkab Bengkulu Utara yang kita ajukan sebesar Rp 31 milar dapat direalisasikan 100 persen, sehingga pelaksanaan pilkada tidak terhambat pendanaan," ujarnya.

Sebelumnya Bupati Bengkulu Utara, Mian mengatakan pihaknya siap menganggarkan dana pilkada yang diajukan KPU setempat pada APBD 2020 mendatang, dan akan mengupayakan besaranya sesuai yang diajukan pihak penyelenggara pilkada.

"Kita siap mengalokasikan dana pilkada di APBD Bengkulu Utara 2020, soal besaran anggaran yang kita siapkan akan dibahas bersama KPU. Yang jelas, kita upayakan besaran dana pilkada sesuaikan dengan kebutuhan KPU," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan