Ratna Sarumpaet Siap Hadapi Sidang Vonis

Ratna Sarumpaet Siap Hadapi Sidang Vonis
Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet, mengikuti sidang pledoi dalam sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Bayu Marhaenjati / WBP Selasa, 25 Juni 2019 | 13:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Terdakwa Ratna Sarumpaet, mengaku siap menghadapi sidang putusan atau vonis terkait kasus berita bohong, yang bakal digelar Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019) mendatang.

"Ya siaplah. Harus siap, Insya Allah. Mudah-mudahan hakimnya bisa memberikan keputusan yang benar dan adil ya," ujar Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).

Dikatakan Ratna, pada sidang duplik yang digelar hari ini, dirinya tidak menanggapi replik Jaksa Penuntut Umum (JPU) secara pribadi. Dia menyerahkannya kepada penasihat hukum saja. "Nggak (ada tanggapan pribadi), sudah cukup yang dari penasihat hukum," ungkap Ratna Sarumpaet.

Sementara itu, Ketua Majelis Hakim Joni mengatakan, karena majelis hakim harus menangani persidangan lain pekan depan, maka sidang putusan kasus berita bohong baru akan digelar, Kamis (11/7/2019) mendatang.

"Pemeriksaan ini dinyatakan ditutup dan diputus selanjutnya pembacaan putusan. Untuk pembacaan putusan Insyaallah dibacakan pada hari kamis tanggal 11 Juli. Kalau tidak ada lagi sidang dinyatakan selesai dan ditunda, diperintahkan kepada penuntut umum untuk menghadirkan terdakwa pada persidangan selanjutnya," kata Joni sambil mengetuk palu.

Sebelumnya diketahui, JPU menuntut terdakwa Ratna Sarumpaet dengan hukuman 6 tahun penjara, karena terbukti secara sah melakukan tindak pidana menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dan dengan sengaja menerbitkan keonaran di masyarakat, sesuai yang diatur dalam Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.



Sumber: BeritaSatu.com