Bupati Bengkulu Utara Dukung PPDB Sistem Zonasi

Bupati Bengkulu Utara Dukung PPDB Sistem Zonasi
Ilustrasi PPDB SMP. ( Foto: ANTARA FOTO / Nyoman Hendra Wibowo )
Usmin / JEM Selasa, 25 Juni 2019 | 14:34 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Bupati Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Mian mendukung pemberlakuan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 di daerah ini, sehingga calon siswa bisa masuk ke sekolah sesuai dengan alamat dan tempat tinggalnya.

"Saya mendukung penuh pemberlakukan zonasi dalam PPDB di Bengkulu Utara. Dengan sistem ini, para peserta didik baru dapat diterima di sekolah yang tidak jauh dari tempat tinggalnya," kata Bupati Mian, di Bengkulu, Selasa (25/6/2019).

Ia mengatakan, dengan diberlakukan sistem zonasi dalam penerimaan PPDB tersebut, maka tidak ada lagi istilah sekolah unggulan atau favorit. "Semua sekolah sama dan penempatan di setiap sekolah akan merata ke depan," ujarnya.

Meski dalam pelaksanaan PPDB melalui sistem zonasi ada masalah dilapangan dilakukan perbaikan, sehingga kebijakan ini dapat diterapkan dengan baik di masyarakat.

Selama ini, kata Mian siswa baru di Bengkulu Utara berebut masuk ke sekolah tertentu dan ada yang mendaftar lebih dari satu sekolah. Padahal, di sekitar tempat siswa tinggal ada sekolah.

Namun, karena ingin masuk ke sekolah unggul tidak mendaftar di sekolah dekat tempat tinggalnya. Akibatnya, sekolah tersebut sepi peminatnya. Sedangkan di sekolah favorit pelamarnya membludak.

Dengan sistem zonasi ini, siswa wajib bersekolah yang letaknya berdekat tempat tinggal siswa bersangkutan dan istilah sekolah favorit alias sekolah unggul tidak ada lagi. "Saya sangat mendukung pelaksanaan PPDB melalui sisten zonasi tersebut," ujarnya.

PPDB dengan sistem zonasi tersebut, kata Ketua DPC PDIP Bengkulu Utara ini, tidak hanya bisa membuat pemertaan penempatan guru di sekolah, tapi juga mampu meningkatkan kualitas sekolah secara merata, karena sekolah memiliki siswa yang cukup.

Terkait hal tersebut, Bupati Bengkulu Utara berjanji akan terus meningkat kualitas guru di semua jenjang pendidikan di daerah ini, sehingga kualitas lulusan sekolah baik tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK di daerah ini semakin baik ke depan.

"Saya minta seluruh guru tetap profesional dalam memberikan pengajaran di seluruh sekolah, sehingga kualitas sekolah di Bengkulu Utara dapat dilakukan secara merata di masa mendatang," ujarnya.

Mian menambahkan, pelaksanaan PPDB dengan sisten zonasi sekarang ini tidak ada lagi sekolah di Bengkulu Utara yang kekurangan siswa baru. Sebab, siswa wajib bersekolah di sekolah yang berada di sekitar tempat tinggalnya.

Dengan demikian, sekolah yang ada di Bengkulu Utara mendapatkan siswa baru sesuai daya tampung kelas yang tersedia di sekolah bersangkutan. Dengan demikian, proses belajar mengajar di setiap sekolah di Bengkulu Utara dipastkan berjalan baik, katanya.



Sumber: Suara Pembaruan