Rencana Kemenhub Bangun Transportasi Baru O-Bahn

Rencana Kemenhub Bangun Transportasi Baru O-Bahn
Budi Karya Sumadi. ( Foto: Antara )
Oktaviana Maria / ANA Selasa, 25 Juni 2019 | 18:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewacanakan penerapan moda transportasi O-Bahn di Indonesia. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai Kota Surabaya menjadi daerah yang cocok untuk diterapkan O-Bahn.

Transportasi O-Bahn merupakan bus dengan jalur khusus, seperti rel kereta. Bus ini pertama kali diterapkan di Jerman dan saat ini sudah digunakan di berbagai negara.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Ahmad Yani mengatakan O-Bahn adalah sistem angkutan yang lebih massal. Sebelumnya juga sudah dibangun angkutan massal, seperti bus Transjakarta, mass rapid transit (MRT), dan light rapid transit (LRT).

Ahmad menjelaskan rencana membangun O-Bahn untuk merespons beberapa kota di Indonesia yang akan berkembang menjadi kota metropolitan dan sudah mulai mengalami kemacetan.

“Ini adalah tahapan kalau kita ingin mengembangkan suatu sistem angkutan yang lebih massal. Karena O-Bahn memiliki jalan khusus” ujar Ahmad.

“Kota metropolitan akan berkembang di Indonesia. Ada kurang lebih hampir 20 kota yang akan berkembang menjadi kota metropolitan. Oleh sebab itu, disampaikan pak menteri kita mesti siap tahapannya sebelum kita melangkah” ungkap Ahmad.

Ahmad menambahkan Kemenhub akan membentuk tim untuk melakukan kajian mendalam terkait sistem transportasi O-Bahn. Selain itu, akan melakukan studi banding ke negara-negara yang sudah menerapkan O-Bahn.

“Kami akan membentuk tim kecil untuk mengkaji lebih dalam seperti apa nanti diterapkan di Surabaya” tambah Ahmad.

Lihat Video:



Sumber: BeritaSatu TV