KPU Segera Usulkan Dana Pilkada 2020 ke Pemkab Lebong

KPU Segera Usulkan Dana Pilkada 2020 ke Pemkab Lebong
Ilustrasi pilkada. ( Foto: Beritasatu.com )
Usmin / JAS Sabtu, 29 Juni 2019 | 10:12 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, Bengkulu, segera mengusulkan anggaran Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020 ke pemerintah kabupaten (pemkab) setempat dalam waktu dekat.

"Kami segera mengajukan kebutuhan anggaran Pilkada 2020 ke Pemkab Lebong karena tahapan pilkada akan dimulai September mendatang. Sekarang kita masih menyusun kebutuhan anggaran Pilkada daerah ini," kata Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhar, di Bengkulu, Sabtu (29/6/2019).

Ia mengatakan, setelah pihaknya menyelesaikan penyusunan anggaran kebutuhan Pilkada Lebong 2020, langsung diserahkan ke pemkab setempat untuk bahas agar dapat dialokasikan di APBD tahun depan.

Sebab, tahapan Pilkada 2020 akan dilaksanakan KPU pada September 2019, sehingga kebutuhan dana pilkada segera diajukan ke Pemkab Lebong. Dengan demikian, dana Pilkada serentak tahun 2020 dapat dialokasikan di APBD Lebong tahun depan.

Khidar memperkirakan kebutuhan anggaran Pilbup Lebong berkisar antara Rp 18-Rp 20 miliar. Namun, kepastian beberapa persisnya kebutuhan anggaran Pilbup Lebong dapat diketahui setelah pihaknya menyelesaikan penyusun anggaran.

"Yang pasti, paling besar kebutuhan dana Pilbup Lebong sebesar Rp 20 miliar. Namun, kita upayakan kebutuhan dana Pilkada sehemat mungkin dan disesuaikan kemampuan pendanaan Pemkab Lebong," ujarnya.

Dana Pilbup Lebong tahun 2014 lalu sebesar Rp 14 miliar. Namun, pada Pilkada 2020 anggaran yang dibutuhkan lebih besar karena menyesuaikan harga barang mengalami kenaikan. Demikian pula honorer para petugas KPPS dan PPK juga mengalami kenaikan dari tahun 2015 lalu.

Dengan demikian, otomatis anggaran Pilkada 2020 Lebong pada tahun 2020 akan meningkat dari pilkada lima tahun lalu yang hanya sebesar Rp 14 miliar. "Kita upayakan dana Pilkada Lebong tidak terlalu besar," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lebong, Rosjonsyah mengatakan, pihaknya bersama KPU siap membahas kebutuhan anggaran Pilkada 2020 daerah ini.

"Kita siap membahas dan mengalokasikan dana Pilkada Lebong di APBD tahun depan setelah pihaknya menerima usulan dana dari KPU setempat," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com