Logo BeritaSatu

Nebrija Jadi Titik Temu Budaya Hispanik dan Indonesia

Minggu, 30 Juni 2019 | 01:05 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Hadir di Indonesia untuk mempromosikan bahasa Spanyol dan budaya Hispanik, Instituto Nebrija - Jakarta yang merupakan cabang dari Universitas Nebrija di Madrid, Spanyol, bernaung di bawah London School of Public Relations (LSPR). Sejak membuka kelas bahasa Spanyol pada bulan April 2018, Nebrija telah memiliki 160 siswa dari level pemula hingga menengah dengan pengajar yang merupakan penutur asli dari Spanyol dan Amerika Latin.

Nebrija Jadi Titik Temu Budaya Hispanik dan Indonesia

Direktur Pusat Studi Hispanik Universitas Nebrija, Pilar Alcover, mengatakan, ada banyak keuntungan yang bisa didapat masyarakat Indonesia dengan mempelajari bahasa Spanyol.

"Bahasa Spanyol adalah bahasa dengan 480 juta penutur asli di dunia, terbanyak kedua setelah bahasa Mandarin, serta merupakan bahasa resmi di 21 negara dan 3 benua. Dari sudut pandang ini, berinvestasi dalam bahasa Spanyol berarti komitmen yang jelas terhadap keterbukaan ekonomi, sosial dan budaya untuk dunia yang semakin mengglobal," ujar Pilar Alcover di sela acara Malam Akbar atau Gran Noche 2019, di LSPR Kampus Sudirman Park, Sabtu (29/6/2019) malam.

Acara Gran Noche 2019 sendiri turut dimeriahkan oleh band dan dance team dari LSPR, yang menampilan pertunjukan tari dan kompetisi salsa dari The Ibero-American Association (AIA). Para undangan juga berkesempatan menikmati hidangan khas Spanyol dan Indonesia, seperti tortilla aioli, gambas al ajillo, dan tampah jajanan pasar tradisional, yang disajikan oleh restoran Por Qué No dan Vamonos Coworking.

Pendiri dan direktur utama LSPR-Jakarta, Prita Kemal Gani mengatakan, setahun sudah LSPR bekerja sama dengan Instituto Nebrija dalam menyediakan kursus bahasa Spanyol. Pihaknya melihat, hal ini sangat mendukung peningkatan kualitas mahasiswa dan mahasiswi LSPR supaya unggul dalam berkompetisi di era globalisasi.

"Bahasa merupakan faktor penting untuk berkomunikasi dengan baik, dan menghasilkan pengertian dua arah. Saya berharap, selain misi kebudayaan, ke depannya LSPR dan Nebrija mampu berkomunikasi dalam lebih banyak hal, di antaranya membangun hubungan dengan lebih banyak pihak," kata Prita Kemal Gani.

Tidak hanya di kampus LSPR, antusiasme masyarakat Indonesia akan bahasa Spanyol dan budaya Hispanik juga terlihat dari kehadiran komunitas Dime Por Qué atau DxQ.

Co-founder Dime Por Qué, Yoshi Sanjaya, mengatakan, bahasa dan budaya merupakan hal yang paling menarik untuk dipelajari oleh semua kalangan dari semua usia.

"Dalam wadah komunitas, proses belajar jadi lebih menyenangkan dan mudah. Apa lagi, karakter budaya Hispanik begitu hangat dan meriah, mirip budaya Indonesia,” ujar Yoshi.

Yoshi menambahkan, DxQ sendiri telah bekerja sama dengan Nebrija dalam berbagai kegiatan di dalam dan di luar kampus. "Kali ini, DxQ menjadi tim penyelenggara Gran Noche 2019 bersama LSPR," tambah Yoshi.

Academic Coordinator Instituto Nebrija-Jakarta, Alfonso Carnicero, mengungkapkan, pihaknya mengusung sikap optimistis terhadap perkembangan Nebrija di Indonesia ke depannya.

"Merupakan sebuah kesenangan bagi saya untuk mendekatkan dua budaya yang berbeda secara prinsip. Saya bangga dan sangat bersyukur atas dedikasi dan antusiasme siswa kami di sini. Berkat mereka, Nebrija menjadi titik temu antara budaya Hispanik dan Indonesia di Jakarta. Saya yakin di tahun mendatang Nebrija bisa menjadi pusat referensi studi hispanik yang mapan di sini," kata Alfonso.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 28 September 2022

Infografik tentang data dan tren kasus aktif Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi pada 28 September 2022

Infografik tentang data angka prevalensi Covid-19 di 10 provinsi di Indonesia pada tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Partai Demokrat Tetap Ingin AHY Ikut Pilpres 2024

Koordinator Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan partainya terbuka mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

NEWS | 29 September 2022

Puan Tanam Padi Bareng Petani dan Borong Sayur-Mayur di Bali

Dalam kunjungan kerjanya di Bali, Ketua DPR Puan Maharani meninjau lokasi pertanian di Kabupaten Badung. Ia juga ikut menanam padi bersama petani.

NEWS | 29 September 2022

Puan Maharani Tegaskan PDIP Siap Usung Calon Presiden Sendiri

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyatakan partainya siap mengusung calon presiden (capres) sendiri pada Pilpres 2024.

NEWS | 29 September 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data positivity rate Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Tim Putri BIN O2C Berpeluang ke Babak Kedua Livoli

Tim putri BIN O2C Bandung dan PLN Batam berpeluang ke babak delapan besar kompetisi bola voli Livoli Divisi I.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AFF Beach Soccer Championship: Indonesia Takluk oleh Thailand

AFF Beach Soccer Championship: Indonesia Takluk oleh Thailand

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings