HUT Bhayangkara

976 Anggota Polda Kalbar Naik Pangkat

976 Anggota Polda Kalbar Naik Pangkat
Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono memasang tanda pangkat baru personel Polda Kalbar yang mendapat kenaikan pangkat pada HUT Bhayangkara di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar, Senin (1/7/2019) ( Foto: Sahat Oloan Saragih )
Sahat Oloan Saragih / RSAT Selasa, 2 Juli 2019 | 11:22 WIB

Pontianak, Beritasatu.com - Sebanyak 976 anggota Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat (Kalbar) menerima kenaikan pangkat pada HUT Bhayangkara di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar, Senin (1/7/2019). Mereka terdiri dari 911 personel Polri dan 65 aparatur sipil negara (ASN).

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, Selasa (2/7/2019) mengatakan, selaku pimpinan Polda Kalbar turut bangga dan merasakan kegembiraan seperti yang dirasakan oleh anggota yang mendapat kenaikan pangkat.

“Saya mengajak kepada semua anggota untuk selalu bersyukur kepada sang Pencipta, berterima kasih kepada orang tua, istri atau suami, anak dan guru serta almamater yang telah menjadikan kita semua menjadi sukses seperti saat ini,” ujar Didi.

Sesuai data Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalbar pada periode 1 Juli 2019, anggota Polri Polda Kalbar yang mendapatkan kenaikan pangkat sebanyak 911 personel, terdiri dari AKBP ke Kombes Pol 2 personel, Kompol ke AKBP 5 personel, AKP ke Kompol 4 personel, Iptu ke AKP 1 personel, Ipda ke Iptu 10 personel, Aipda ke Ipda 7 personel, dan 817 personel lainnya dari lingkungan bintara yang turut mendapat pangkat setingkat lebih tinggi.

Sedangkan untuk ASN Polri Polda Kalbar yang menerima kenaikan pangkat sebanyak 65 orang, terdiri dari 16 orang PNS golongan III, 45 orang PNS golongan II, dan 4 orang PNS golongan I.

Menurut Didi, dalam organisasi kepolisian, kenaikan pangkat merupakan perwujudan dari kompetisi, dedikasi dan tanggung jawab. Jadi setiap jenjang kepangkatan memiliki level kompetisi dan tanggung jawab yang berbeda.

"Semakin tinggi pangkat, semakin tinggi pula tanggung jawab yang diembannya. Sejalan dengan itu semakin tinggi pangkat seseorang maka kompetisinya harus semakin meningkat. Kompetisi disini meliputi pengetahuan, keterampilan serta sikap dan perilaku," ujar Didi.



Sumber: Suara Pembaruan