Hari Pertama Pengalihan Rute, Ada 3.700-an Penumpang di Bandara Kertajati

Hari Pertama Pengalihan Rute, Ada 3.700-an Penumpang di Bandara Kertajati
Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Jet Komersil ( Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV )
Adi Marsiela / JEM Selasa, 2 Juli 2019 | 15:17 WIB

Bandung, Beritasatu.com - Hari pertama pengoperasian penerbangan pesawat jet yang dialihkan dari Bandara Internasiona Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka mencapai 36 penerbangan pada Senin, 1 Juli 2019. Seperti diketahui mulai tanggal 1 Juli 2019, bandara ini menerima pemindahan 12 rute domestik dari Bandung.

Direktur PT Bandarudara Internasional Jawa Barat, Muhamad Singgih menyatakan, jumlah penumpang dari 18 pendaratan dan 18 pemberangkatan itu mencapai 3,782 orang. Para penumpang ini berasal dari mereka yang hendak berangkat ke berbagai jurusan seperti Denpasar, Medan, Palembang, Lombok, Banjarmasin, Pekanbaru, Balikpapan, Pontianak, Batam, Surabaya, dan Makassar; serta penumpang yang datang dari Surabaya, Denpasar, Pekanbaru, Banjarmasin, Medan, Palembang, Batam, Makassar, Balikpapan, Lombok dan Pontianak.

Terkait tingkat keterisian penerbangan, Singgih mengungkapkan, jumlahnya bervariasi. Rute-rute penerbangan seperti Medan, Denpasar, Balikpapan, dan Batam melebihi 90 persen. Penerbangan ke Batam dari Lion Air malah mencapai 100 persen keterisiannya. “Rata-rata (load factor) dari penerbangan di angka 70 persen,” terang Singgih dalam rilisnya.

Soal pengoperasian rute-rute penerbangan yang dialihkan itu, Singgih memaparkan, pihaknya tidak menglami kendala. Namun demikian, penumpang masih perlu dipandu untuk mencari layanan antar moda guna meninggalkan bandara. Pihak bandara sudah menyiapkan satu lokasi khusus yang di dalamnya terdapat 12 pilihan moda. 



Sumber: Suara Pembaruan